Jakarta (ANTARA) - BMKG mengimbau masyarakat pesisir waspada potensi gelombang tinggi hingga enam meter di beberapa wilayah perairan pada dua hari ke depan atau pada 5-6 Maret 2023, termasuk di Laut Natuna Kepulauan Riau (Kepri)

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim, BMKG, Eko Prasetyo di Jakarta, Sabtu.

Disebutkan, gelombang 4-6 meter berpeluang terjadi di Laut Natuna utara, perairan utara Kep. Anambas-Kep. Natuna.

Untuk gelombang di kisaran 2,5-4 meter berpeluang terjadi di perairan selatan Kepulauan Anambas - Kepulauan Natuna, Laut Natuna, perairan timur Bintan, perairan utara Kepulauan Talaud, Samudra Pasifik Utara Halmahera, Laut Arafuru bagian tengah dan timur.
 
Ia mengemukakan, pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari utara-timur dengan kecepatan angin berkisar 5-30 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari barat daya-barat laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot.

"Kecepatan angin tertinggi terpantau di Laut Natuna Utara, perairan Kep. Anambas-Kep. Natuna, Laut Natuna, Laut Flores, perairan Kep. Sermata-Kep. Tanimbar, perairan Kep. Kai-Kep. Aru, dan Laut Arafuru," katanya.

Baca juga:
Dua rumah rusak berat di Kabupaten Anambas akibat cuaca ekstrem

Lanud RSA Natuna minimalisir kecelakaan udara dengan lakukan latihan gabungan

BNPB beri bantuan "speed rescue boat" pada Pemkab Anambas

Pemrov Kepri ajak kaum ibu buka usaha di rumah manfaatkan internet






Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Masyarakat pesisir diimbau waspada gelombang tinggi dua hari ke depan

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024