Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat pesisir agar waspada potensi gelombang tinggi hingga empat meter di beberapa wilayah perairan pada 12-13 September 2023.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan pola angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari Tenggara ke Barat Daya dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Timur ke Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 8-30 knot.

Eko mengemukakan kecepatan angin tertinggi terpantau di Selat Sunda bagian selatan, Samudera Hindia Barat Lampung-selatan Banten, perairan selatan Pulau Sumba, Laut Sawu bagian selatan, Selat Makassar bagian selatan, perairan Kepulauan Selayar bagian barat, Laut Seram, perairan Pulau  Buru, Laut Banda bagian Timur, perairan Kepulauan Tanimbar, perairan Kepulauan Kai-Kepulauan Aru, Laut Arafuru, dan perairan Yos Sudarso-Merauke.

Ia memaparkan gelombang tinggi di kisaran 1,25-2,5 meter berpotensi terjadi di Laut Natuna, Selat Karimata, Laut Jawa, Laut Sumbawa, dan lain sebagainya.

Baca juga:
BMKG prakirakan hujan berpeluang guyur sejumlah kota besar di Indonesia
Gempa magnitudo 5,2 mengguncang Sabang, Aceh
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Waspada potensi gelombang tinggi 4 meter di sejumlah perairan RI

Pewarta : Zubi Mahrofi
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024