Yang ingin libur akhir pekan waspada potensi hujan angin di Kepri

id Cuaca sabtu, prakiraan cuaca kepri, cuaca kepri sabtu, tinggi gelombang, bkmg, kepulauan riau, akhir pekan, cuaca akhir pekan Oleh LRK

Yang ingin libur akhir pekan waspada potensi hujan angin di Kepri

Suasana di kawasan Engku Putri, Kota Batam, Kepulauan Riau. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Berdasarkan data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam prakiraan cuaca wilayah Kepulauan Riau (Kepri) masih berpotensi terjadi hujan disertai angin pada libur akhir pekan, Sabtu.
 
"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi, siang dan dini hari di wilayah Kepulauan Riau," kata Prakirawan Nizam Mawardi.
 
Dia menyebut labilitas udara skala lokal dan nilai kelembapan udara di lapisan atas yang cukup tinggi mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah Kepulauan Riau.
 
"Secara umum kondisi cuaca hari Sabtu di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi, siang dan dini hari di hampir seluruh wilayah Kepulauan Riau.
 
Berikut perkiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Cuaca Kota Batam diprakirakan pagi hari berawan tebal, siang harinya hujan ringan, malamnya berawan tebal, dan dini hari hujan ringan
 
Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 3-11 km/jam.
 
Tak jauh berbeda dengan Batam, Kota Tanjungpinang pagi harinya berawan tebal, siang, malam hingga dini hari hujan ringan.
 
Suhu udaranya wilayah tersebut berkisar antara 25-31 derajat celcius. Arah angin yang mempengaruhi dari arah Barat Daya dengan kecepatan 3-11 km/jam.
 
Di Kabupaten Bintan juga sama pagi harinya berawan tebal, siang hujan ringan, malamnya berawan tebal, dini hari hujan ringan. Suhu udara diperkirakan 24-30 derajat celcius, dengan arah angin dari Barat Daya kecepatan 3-9 km/jam.
 
Lalu di Kabupaten Karimun sepanjang hari diprakirakan berpotensi hujan ringan. Suhu udara 25-30 derajat celcius, arah angin dari Selatan dengan kecepatan 3-13 km/jam.
 
Kabupaten Lingga pagi dan siang hari hujan ringan, malamnya berawan tebal, dini harinya hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 4-14 km/jam.
 
Kabupaten Natuna pagi berawan tebal, siang harinya berawan, malam dan dini berawan tebal. Suhu udara yang mempengaruhi 25-30 derajat celcius, angin bertiup dari Barat dengan kecepatan 4-8 km/jam.
 
Terakhir di Kabupaten Anambas paginya cerah berawan, siangnya hujan ringan, malam berawan tebal, dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, arah angin Barat Laut dengan kecepatan 2-11 Km/jam.
 
Untuk ketinggian gelombang 7 wilayah kabupaten/kota Kepri rata-rata diprediksi rendah, yakni berkisar antara 0,5-1,25 meter.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE