Jakarta (ANTARA) - Belanda memetik kemenangan dengan skor 2-1 atas Turki dalam laga perempat final Euro 2024 di Stadion Olimpiade Berlin, Jerman, paa Ahad dini hari WIB.

Memphis Depay mengawali ancaman pertama Belanda ketika tusukannya membuat dia  bebas melakukan tembakan di kotak penalti Turki. Namun ia terpelesat saat menendang sehingga bola tembakan kaki kananya yang alih-alih membahayakan gawang Turki, malah melambung tinggi.

Belanda lalu mengambil alih dominasi permainan. Namun, lima bek yang dipasang Vincenzo Montella membuat Oranye kesulitan membuat peluang berbahaya.

Saat Belanda keasikan menyerang, Turki menemukan celah dengan mengeksploitasi ruang kosong di belakang pemain terakhir Oranye karena melakukan garis pertahanan tinggi.

Situasi yang diharapkan Turki berjalan sesuai rencana. Mereka banyak memenangkan bola mati dan pad  akhirnya gol yang ditunggu-tunggu tercipta pada menit ke-25 melalui sundulan Samet Akaydin yang maju menyambut umpan silang dari kaki kanan Arda Guler.

Setelah kebobolan, Belanda berusaha mencari gol penyama kedudukan. Namun, gol yang ditunggu tidak kunjung hadir sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Turki bertahan hingga babak pertama selesai.

Pada babak kedua, pelatih Belanda Ronald Koeman membuat pergantian cepat dengan mengganti Steven Bergwijn untuk memasukkan Wout Weghorst yang menemani Depay di depan guna mengganggu harmonisasi lima bek Turki yang sangat rapat.

Pergantian yang dilakukan Koeman berhasil setelah gawang Belanda hampir kebobolan kedua kalinya melalui tendangan bebas Guler pada menit ke-55, ketika Weghorst mendapatkan peluang berbahaya pada menit ke-69 yang ditepis Mart Gunok yang kemudian menghasilkan bola tendangan penjuru bagi Belanda.

Situasi ini dimanfaatkan dengan baik oleh Belanda ketika Stefan de Vrij yang bebas menanduk bola masuk ke gawang Turki setelah memanfaatkan umpan Depay. Skor berubah 1-1.

Oranye bermain semakin percaya diri dan enam menit kemudian, melalui tempo serangan cepat, Cody Gakpo memaksa bek tengah Turki Mert Muldur menyarangkan gol bunuh diri setelah menyelesaikan umpan datar Denzel Dumfries. Belanda berbalik unggul 2-1.

Kemudian, Turki tampil habis-habisan mengejar gol untuk menyamai kedudukan. Namun keberuntungan masih tak di pihak mereka.

Skor 2-1 untuk kemenangan Belanda bertahan hingga akhir laga. Tim Oranye melaju ke semifinal Euro 2024 untuk  melawan Inggris.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Belanda tantang Inggris dalam semifinal setelah singkirkan Turki 2-1

Pewarta : Zaro Ezza Syachniar
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024