Batam (ANTARA) - Kapolres Karimun AKBP Robby Topan Manusiwa bersama forum komunikasi pimpinan daerah (Forkopimda) Kabupaten Karium menghadiri langsung pelaksanaan kegiatan pengambilan nomor urut pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati peserta Pilkada serentak 2024 di Gedung Nasional Kelurahan Tanjung Balai Karimun Senin, guna memastikan keamanan dan pengamanan berjalan lancar.

Polres Karimun mengerahkan 38 personel yang berasal berbagai satuan seperti Sabhara, Dalmas dan Polantas untuk melakukan pengamanan secara ketat di lokasi pengambilan nomor urut Pilbup Karimun. Pengamanan dipimpin langsung Kabagops Polres Karimun Kompol Shallahuddin.

“Pengerahan personel Polri ini untuk memastikan jalannya proses pengundian berjalan lancar dan aman,” kata Robby.

Dia mengatakan kehadiran Forkopimda Karimun dalam pengundian nomor urut ini menunjukkan komitmen pihak keamanan serta pemerintah daerah terhadap pelaksanaan Pilkada yang aman, damai, dan demokratis.

“Pengambilan nomor urut ini merupakan tahapan penting dalam proses Pilkada di Kabupaten Karimun,” katanya.

Polres Karimun berkomitmen mengamankan pesta demokrasi Pilkada serentak 2024 berjalan aman dan lancar dengan menggelar operasi kepolisian dengan sandi Operasi Mantap Praja Seligi 2024. Sebelum pengundian berlangsung, dilakukan sterilisasi di lokasi.

Kemudian, petugas Satlantas Polres Karimun memberlakukan pengaturan arus lalu lintas di sekitar acara agar tidak mengganggu masyarakat beraktivitas. Diberlakukan pemeriksaan ketat terhadap peserta yang masuk dalam Gedung Nasional.

Selain pengambilan nomor urut, dilanjutkan dengan deklarasi kampanye damai, untuk mewujudkan suasana kondusif selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara.

Robby juga mengimbau masyarakat Kabupaten Karimun untuk bersama-sama aparat penegak hukum dan penyelenggara pemilu menjaga situasi selama Pilkada 2024 kondusif.

“Mari bersama-sama menjaga situasi yang harmonis selama masa kampanye dan pemungutan suara,” katanya.

Usai pengundian nomor urut dan deklarasi damai, acara dilanjutkan dengan menebar benih ikan oleh peserta pilkada di kolam Kantor KPU Kabupaten Karimun.

KPU Kabupaten Karimun resmi menetapkan Pilkada 2024 diikuti 3 pasangan calon. Hasil pengundian, pasangan calon Iskandarsyah - Robby Bawole mendapat nomor urut 1. Pasangan calon Firmansyah dan Ery Suandi nomor urut 2, dan pasangan calon Bakti Lubis- Raja Bakhtiar mendapat nomor urut 3.

Baca juga: Polres Karimun pastikan distribusi logistik Pilkada aman sampai gudang


Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024