Pekanbaru, (ANTARA) - Sedikitnya seluas 25 Hektare (Ha) lahan terbakar di Simpang Lasa, Kepulauan Sungai Segajah, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Provinsi Riau yang merupakan kebun sawit kurang terawat dan lahan kosong semak belukar.

Kepala Kepolisian Sektor Kubu Iptu Kodam F Sidabutar saat dikonfirmasi, Selasa, menyebutkan lahan tersebut milik delapan orang warga setempat. Lokasi kebakaran pada Senin (23/9) itu berjarak sekitar 15 kilometer dari Polsek Kubu, dengan waktu tempuh kurang lebih 45 menit.

"Saat ini api sudah padam, namun masih mengeluarkan asap. Kami masih melakukan upaya pendinginan," sebutnya.

Dikatakannya sebanyak 62 personel gabungan beserta masyarakat setempat dikerahkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan tersebut. Polsek Kubu juga masih melakukan penyelidikan terkait kemungkinan kesengajaan dalam kebakaran ini.

Sebagai informasi pada Senin (23/9) ada lima titik panas di Provinsi Riau berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Stasiun Pekanbaru. Dari lima titik panas itu memang semuanya berada di Kabupaten Rokan Hilir.

Sementara di Pulau Sumatera terpantau ada 74 titik panas dan yang terbanyak berada di Sumatera Selatan (43 titik). Lainnya ada di Lampung (13), Bengkulu (7), Bangka Belitung (4), dan masing-masing 1 di Sumatera Barat dan Jambi.

Namun begitu jumlah titik panas yang sama masih terpantau BMKG Stasiun Pekanbaru pada pembaruan data Selasa (24/9) pagi. Begitu juga dengan jumlah titik panas di Riau masih terpantau di Rokan Hilir (5).

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Seluas 25 Hektare lahan terbakar di Rokan Hilir Riau
 

Pewarta : Bayu Agustari Adha/Annisa Firdausi
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024