Batam (ANTARA) - Kontingen atlet paralimpik Kepulauan Riau (Kepri) menargetkan meraih tiga medali dalam ajang Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVII 2024 yang akan berlangsung di Solo-Jateng pada 6-13 Oktober 2024.

“Kami menargetkan tiga medali tahun ini. Insya Allah, kami pulang membawa medali untuk Kepri,” ujar Ketua National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) Kota Batam Mawardi saat dihubungi di Batam, Jumat.

Dengan persiapan matang, sebanyak 38 atlet Kepri telah tiba di Surakarta sejak 1 Oktober 2024 dan siap bertanding di berbagai cabang olahraga.

“Alhamdulillah, semua atlet sudah sampai di Surakarta dengan selamat. Sekarang para atlet sedang menjalani adaptasi dan pemanasan di arena pertandingan sesuai cabang olahraga masing-masing, sambil menunggu jadwal technical meeting dan pembagian nomor tanding,” katanya.

Kontingen Kepri memiliki beberapa atlet andalan yang diharapkan dapat menyumbang medali seperti Fariz, atlet cabang olahraga boccia.

Andri Martiyas, yang juga berprestasi dengan meraih emas pada Peparnas XVI Papua di cabang renang, diharapkan bisa mengulang suksesnya.

Ketua NPCI Kepri Fahrizal berharap, Peparnas menjadi sarana bagi atlet disabilitas untuk mengangkat harga diri mereka melalui prestasi olahraga.

"Olahraga ini membuka peluang bagi teman-teman disabilitas untuk mengangkat harkat dan martabat mereka untuk menjadi lebih percaya diri. Dengan hasil dari bonus dan prestasi, mereka dapat membantu diri sendiri serta keluarga," ujarnya saat dihubungi di Batam, Jumat.

Ia juga menyoroti pentingnya dukungan anggaran untuk para atlet disabilitas.

“Anggaran itu penting, karena selain atlet, mereka juga membutuhkan pelatih dan pendamping yang paham dengan kebutuhan fisik dan psikologis dari para atlet. Kami berharap untuk mendapat perhatian lebih besar dan hibah anggaran yang mencukupi," tambahnya.

Dengan persiapan yang matang dan semangat tinggi, kontingen Kepri optimis mampu mencapai target dan membawa pulang medali dari Peparnas 2024.

Baca juga: Pemko Batam berangkatkan 18 atlet NPCI ke Peparnas XVII


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024