Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca wilayah Kepulauan Riau (Kepri) pada hari Sabtu, masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang terjadi pada pagi, siang hingga dini hari.
 
Prakirawan Debora mengatakan terdapat pola angin siklonik yang berada di sekitar wilayah barat Pulau Kalimantan yang menyebabkan konvergensi massa udara sehingga mendukung potensi peningkatan curah hujan. 
 
"Secara umum kondisi cuaca hari ini di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi, siang hingga dini hari," katanya.
 
BMKG juga mencatat ada potensi hujan disertai angin kencang dan petir sehingga masyarakat diimbau waspada.
 
"Waspada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada pagi hingga siang hari di wilayah Kota Tanjung Pinang, Kabupaten Bintan, Kabupaten Karimun dan Kabupaten Natuna," kata Debora.
 
Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kondisi cuaca di Kota Batam diprakirakan sepanjang hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dan arah angin datang dari Selatan dengan kecepatan 3-11 Km/jam.
 
Selanjutnya Kota Tanjungpinang diprakirakan paginya hujan ringan, siangnya hujan dengan intensitas sedang, malam dan dini hari berawan tebal. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 24-31 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Selatan dengan kecepatan 2
1-11 Km/jam.
 
Kemudian Kabupaten Bintan pagi hujan ringan, siangnya hujan dengan intensitas sedang, malamnya hujan ringan, dini harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius dengan arah angin datang dari Selatan berkecepatan 4-7Km/jam.
 
Lalu Kabupaten Karimun paginya hujan dengan intensitas sedang, siang hujan ringan, malamnya berawan dan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 24-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 2-14 Km/jam.
 
Kabupaten Lingga pagi dan siang hari diprakirakan hujan ringan, malamnya berawan, dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius. Arah angin dari Barat Daya dengan kecepatan 3-15 km/jam.
 
Berikutnya Kabupaten Natuna paginya berawan, siang hujan lebat, malam dan dini hari berawan. Suhu udara diperkirakan 25-32 derajat celcius, dengan arah angin dari Barat kecepatan 3-11 Km/jam.
 
Kabupaten Anambas pagi hari berawan, siang hujan ringan, malamnya berawan, dini harinya hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat dengan kecepatan 3-11 km/jam.
 
Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Kepri kategori rendah, yakni berkisar antara 0,5-1,25 meter.

Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024