Batam, Kepri (ANTARA) - PT Bandara Internasional Batam (PT BIB) meluncurkan rute baru penerbangan langsung Bandara Hang Nadim, Batam, menuju Incheon, Korea Selatan, guna memperluas jaringan rute penerbangan internasional.

"Pada hari ini, kami saksikan peluncuran penerbangan perdana dari Incheon ke Batam dengan maskapai Jeju Air. Ini atas usaha keras dan dedikasi dari berbagai pihak," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI Lukman F Laisa di Batam, Kepri, Kamis.

Direktur Utama BIB Pikri Ilham Kurniansyah mengungkapkan bahwa Batam menjadi kota ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Denpasar yang terhubung dengan
penerbangan langsung dari Korea Selatan.

Baca juga: BMKG Batam: Hari ini puncak fenomena Hunter Moon bisa disaksikan di Kepri

"Penerbangan dari Incheon ke Batam memakan waktu sekitar 6,5 jam. Saat ini, penerbangan dijadwalkan tiga kali seminggu sebelum musim dingin, dan mulai 27 Oktober 2024 akan ditingkatkan menjadi empat kali seminggu. Kami merencanakan penerbangan harian mulai musim panas 2025," kata Pikri.

Pada penerbangan perdana ini, terdapat 68 penumpang yang tiba di Hang Nadim dari Incheon.

"Sistem yang digunakan adalah codeshare, di mana kedua maskapai berbagi penerbangan yang sama. Jeju Air sebagai operating carrier dan Lion Air sebagai marketing carrier," tambahnya.

Baca juga: Kejati Kepri teliti berkas perkara narkoba mantan anggota Polres Barelang

Codeshare antara Jeju Air dan Lion Air merupakan perjanjian bisnis dan untuk pembelian tiket Jeju Air di Indonesia dikelola oleh pihak Lion Air.

Chief Commercial Officer Jeju Air Jeong Jae Pil menyampaikan komitmen maskapainya dalam mendukung pariwisata Indonesia.

"Sebagai low-cost carrier (LCC) nomor satu di Korea Selatan, kami berkomitmen untuk memberikan layanan penerbangan yang aman dan tepat waktu. Kami berharap dapat berkontribusi tidak hanya pada pariwisata, tetapi juga memperluas kesempatan dalam bidang lain, seperti investasi dan perdagangan," ujar Jeong.

Diharapkan peluncuran rute baru ini dapat mendongkrak jumlah wisatawan asal Korea Selatan ke Indonesia, tambah Pikri.

Baca juga:
BMKG prakirakan Kepri berpotensi hujan ringan pagi dan siang

Pemkot Batam: Pengawasan jaminan pekerja konstruksi hal penting

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BIB luncurkan rute baru penerbangan langsung Batam-Incheon

Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024