Natuna (ANTARA) -
Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, mengedukasi anak usia dini cara menangani kebakaran.
 
Kepala Bidang Pencegahan Disdamkar Kabupaten Natuna Beni Suparta di Natuna, Kamis, mengatakan kegiatan dilaksanakan di Kantor Disdamkar Natuna di Kecamatan Bunguran Timur pada Kamis pagi.
 
Ia menyebut anak usia dini itu merupakan siswa pendidikan anak usia dini (PAUD) Muslimat NU.
 
"Total siswa yang hadir sebanyak 61 orang, dan guru sekitar delapan orang," ucap dia.
 
Para siswa kata dia, diberikan pemahaman terkait penyebab kebakaran, cara mencegah terjadinya kebakaran, cara meminimalisasi dampak akibat kebakaran, cara melindungi diri dan cara menyelamatkan diri apabila berada di situasi kebakaran.
 
Selain itu, mereka juga dikenalkan dengan tugas, fungsi dan peralatan yang dimiliki Disdamkar Natuna.
 
 
 
Sedangkan para guru tidak hanya diberikan pemahaman terkait teori saja melainkan juga praktik atau simulasi menggunakan alat pemadam api ringan (APAR), dan menggunakan alat pemadam api sederhana.
 
"Anak-anak kita edukasi terkait bahaya kebakaran, kita kenalkan alat-alat pemadam, dan cara melindungi diri, sedangkan guru kita berikan teori dan praktik," ujar dia.
 
Ia menerangkan siswa di edukasi sambil bermain, guna membuat mereka betah dan bersemangat belajar serta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan.
 
"Ini merupakan salah satu program Disdamkar Natuna, tujuannya untuk meminimalisasi dampak yang disebabkan oleh kebakaran," ujar dia.
 
Usai latihan anak-anak diajak berkeliling menggunakan mobil pemadam kebakaran.
 
Ia berharap kegiatan yang dilaksanakan itu bermanfaat baik bagi siswa maupun guru.
 
"Siswa maupun guru sangat antusias dan penuh semangat mengikuti kegiatan ini dan terakhir kita tutup dengan membawa anak-anak jalan-jalan dengan mobil dan bermain air," ucap dia.

Baca juga:
Pria di Jakarta Selatan todongkan senjata api ke PPSU

Basarnas dan BPBD Natuna latihan penanggulangan bencana longsor

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024