Jakarta (ANTARA) - Pelatih Real Madrid Carlo Ancelotti mengatakan, kebugaran fisik para pemainnya belum 100 persen dan itu menjadi salah satu masalah yang dihadapi skuadnya pada musim ini.

"Kondisi fisik ini masalah bagi kami. Para pemain belum mencapai 100 persen," ujar Ancelotti, dikutip dari laman Real Madrid di Jakarta, Senin.

Menurut juru taktik asal Italia itu, kondisi fisik yang belum ideal membuat kesolidan timnya tidak maksimal.

Ancelotti menyebut, hal tersebut terlihat ketika skuadnya melakukan tekanan terhadap lawan. Saat para pemain depan mampu menekan lawan dengan baik, Ancelotti menilai lini tengah dan belakang Madrid agak longgar.

"Tim ini kekurangan kesolidan khususnya di tengah dan belakang. Kami punya banyak opsi di lini serang, tetapi kurang kompak saat bertahan," tutur dia.

Dia melanjutkan, persoalan Real Madrid selanjutnya adalah kesulitan menguasai dan mengendalikan permainan lantaran mereka tidak memiliki pemain yang piawai menangani ruang sempit.

Akan tetapi Real Madrid mempunyai pemain-pemain yang pandai mengeksploitasi area terbuka, seperti Kylian Mbappe, Vinicius Junior dan Rodrygo, untuk menutupi minus tersebut.

"Kami akan terus bekerja keras agar tim ini semakin padu," kata Ancelotti.

Bagi Ancelotti, kelemahan skuadnya terus dievaluasi dan diperbaiki, apalagi Real Madrid akan melawan tim tamu Borussia Dortmund di Liga Champions UEFA 2024-2025 pada Rabu (23/10) dini hari WIB.

Borussia Dortmund, dia melanjutkan, merupakan tim tangguh dengan permainan yang intens. Klub asal Jerman itu merupakan lawan Real Madrid di final Liga Champions 2023-2024, di mana Borussia Dortmund kalah 0-2.

Meski pelatih dan beberapa pemain Dortmund tidak lagi sama dengan musim lalu, Ancelotti tetap waspada karena sang lawan tetap tangguh. Akan tetapi, Real Madrid sudah menganalisis kelemahan dan kelebihan skuad terbaru Borussia Dortmund.

"Kami mengetahui semuanya tentang lawan. Kami melihat semua pertandingan mereka, jadi tidak ada rahasia. Saya memiliki data yang cukup untuk mengevaluasi lawan dan laga-laga mereka," kata Ancelotti.

Terkait belum maksimalnya kondisi fisik pemain, kiper Real Madrid Thibaut Courtois menyebut itu tidak lepas dari padatnya jadwal pertandingan.

Courtois pun mencontohkan Federico Valverde (Uruguay) dan Rodyrgo (Brazil) yang langsung bertanding untuk Real Madrid dua hari setelah mereka tiba dari Amerika Selatan selepas memperkuat tim nasional masing-masing.

"Jadi memang tidak mudah menjaga intensitas dengan kondisi seperti itu. Akan tetapi, kami terus berupaya memenangkan laga demi laga," ujar dia.

Di Liga Champions UEFA 2024-2025, Real Madrid berada di peringkat ke-17 klasemen sementara dengan tiga poin dari dua laga.

Adapun Borussia Dortmund kini berada di posisi puncak klasemen tersebut dengan enam poin dari dua pertandingan.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Ancelotti: Kebugaran pemain Real Madrid belum 100 persen


Pewarta : Michael Siahaan
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024