Pengamat tanggapi mobil dinas baru Ketua DPRD Tanjungpinang

id Mobil baru DPRD

Pengamat tanggapi mobil dinas baru Ketua DPRD Tanjungpinang

Mobil dinas baru Toyota Camry milik Ketua DPRD Tanjungpinang, Kepri, sudah terparkir di halaman kantor DPRD setempat. Foto Antara/Ogen.

Tanjungpinang (ANTARA) - Pengamat Politik Robby Patria turut menanggapi polemik pembelian mobil dinas baru sedan hitam merek Toyota Camry untuk Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepri, Yuniarni Pustoko Weni.

Robby Patria mengatakan bahwa sesuai aturan, pemerintah daerah memang berkewajiban menyiapkan mobil dinas bagi pimpinan DPRD yang tidak memiliki fasilitas tersebut.

"Persoalannya, ini sedang dalam situasi pandemi COVID-19. Kita perlu banyak uang buat menangani permasalahan sosial ekonomi masyarakat akibat wabah," kata Robby, Sabtu.

Dia juga menyayangkan kebijakan pemerintah daerah setempat yang meloloskan anggaran pengadaan mobil dinas itu sejak awal.

Selain itu,  mantan Ketua KPU Tanjungpinang ini turut mempertanyakan keberadaan mobil dinas pimpinan DPRD di masa sebelumnya.

"Ketika pimpinan DPRD dapat mobil dinas baru di tengah kesulitan ekonomi dampak COVID-19. Tentu ini sedikit menimbulkan kekecewaan di tengah masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran di Website Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) Kota Tanjungpinang, mobil dinas baru tersebut dianggarkan melalui APBD tahun 2021 oleh Satuan Kerja Sekretariat DPRD Kota Tanjungpinang.

Adapun nilai kontrak paket mobil dinas tersebut sebesar Rp664.800.000. Sedang nilai Harga Perkiraan Sendiri (HPS) sebesar Rp663 juta.

Di situ juga tertulis tanggal pembuatan kategori pengadaan barang ini tercatat 30 April 2021, dengan status tender sudah selesai.

Ketua DPRD Kota Tanjungpinang yang akrab disapa Weni, enggan berkomentar banyak ketika ditanya apakah mobil dinas baru tersebut sudah dilakukan serah terima.

Dia meminta agar menanyakan langsung hal itu kepada Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Tanjungpinang.

"Tanya ke Pak Sekwan saja," ucap Weni singkat, Jumat (27/8).

Sementara itu, Sekwan DPRD Kota Tanjungpinang Effendi ketika ditanya menyangkut pengadaan mobil dinas itu, belum menjawab karena mengaku sedang berada di luar kota.

"Saya sedang cuti ke luar kota," ucapnya melalui pesan WhatsApp.

Saat ini mobil dinas tersebut sudah terparkir di halaman kantor DPRD Kota Tanjungpinang di Senggarang, setelah serah terima dari pihak Dealer Agung Toyoga Tanjungpinang kepada Sekretariat DPRD setempat, Kamis (26/8).


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE