Kepuasaan publik jadi momentum warisan Jokowi setelah 2024

id Kepuasaan publik, presiden jokowi, survei kepuasaan publik

Kepuasaan publik jadi momentum warisan Jokowi setelah 2024

Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research Reza Reinaldi menilai tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden Jokowi yang mencapai 82,1 (ANTARA/HO-Humas indEX).

Jakarta (ANTARA) - Peneliti Indonesia Elections and Strategic (indEX) Research Reza Reinaldi menilai tingkat kepuasan publik atas kinerja Presiden Joko Widodo yang mencapai 82,1 bisa menjadi warisan yang ditinggalkan kepada masyarakat setelah 2024.

"Ini harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya agar menjadi legacy," kata dia melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Hal tersebut lanjut dia, sebagai catatan selama satu setengah periode Jokowi menjabat. Jokowi lebih fokus dalam urusan dalam negeri utamanya menggencarkan pembangunan infrastruktur.

Berdasarkan survei yang dilakukan indEX, memasuki pada 2022 sebanyak 82,1 persen publik merasa puas terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi. Tingginya tingkat kepuasan tersebut tidak lepas dari beberapa kebijakan yang diambil oleh pemerintah.

Sebagai contoh pemerintah menyatakan memperketat karantina setelah insiden lolosnya seorang figur dengan menyuap petugas. Kebijakan karantina menjadi penting untuk mencegah transmisi lokal varian omicron selain pembatasan perjalanan dari sejumlah negara berisiko.

Pemerintah juga sedang mempersiapkan program vaksinasi booster yang diyakini bisa meningkatkan kekebalan imunitas. Sebelumnya, program vaksinasi anak-anak usia 6 hingga 11 tahun sudah digulirkan seiring pembukaan sekolah untuk pembelajaran tatap muka 100 persen.

Imbasnya, pada tahun 2022 Indonesia juga dipercaya memimpin Presidensi G20 yang merupakan forum negara-negara besar di dunia. Tidak sampai di situ, berlanjut pada 2023 Indonesia kembali mendapat giliran untuk memimpin sebagai Ketua ASEAN.

Hal tersebut, kata dia, menunjukkan dunia makin mengakui peran strategis Indonesia di kancah internasional maupun kawasan. Di tengah upaya pemulihan ekonomi global dan upaya transisi dari pandemi menuju endemi, posisi Indonesia menjadi strategis dalam 1 hingga 2 tahun ke depan.

"Jokowi harus mampu mengelola antara tarikan peran internasional dengan urusan domestik," ujarnya.

Kendati demikian, indEX menemukan masih ada sebanyak 17,3 persen publik merasa tidak puas di antaranya 2,0 persen tidak puas sama sekali dan sisanya tidak tahu/tidak menjawab 0,6 persen.

Survei indEX Research dilakukan pada 26 Desember 2021 hingga 5 Januari 2022 terhadap 1.200 orang yang mewakili semua provinsi. Responden dipilih secara acak bertingkat dan diwawancara secara tatap muka dengan penerapan protokol kesehatan. Untuk margin of error sekitar 2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE