Pertamina bangun sistem pemesanan BBM otomatis

id pertamina,pertamina patra niaga,pemesanan bbm otomatis,Kepri

Pertamina bangun sistem pemesanan BBM otomatis

Logo Pertamina (ANTARA/HO)

Tujuannya satu, penyederhanaan proses pemesanan BBM oleh SPBU yang akan menunjang keamanan stok untuk melayani masyarakat
Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga mengembangkan implementasi sistem auto replenishement berupa sistem yang berfungsi memonitor stok dan melakukan pemesanan bshan bakar minyak (BBM) secara otomatis dari SPBU ke titik suplai terdekat.

Direktur Keuangan Pertamina Patra Niaga Arya Suprihadi mengatakan sistem itu punya automasi mulai dari monitoring stok yang terintegrasi dengan pemesanan dan proses pembayaran BBM oleh SPBU.
 
"Tujuannya satu, penyederhanaan proses pemesanan BBM oleh SPBU yang akan menunjang keamanan stok untuk melayani masyarakat," ujarnya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Arya menuturkan perkiraan kebutuhan BBM akan terus dipantau secara berkala melalui sistem auto replenishment.
 
Pertama, stok dan data penjualan SPBU akan menjadi informasi utama dalam memproyeksikan kebutuhan BBM yang harus dipenuhi. Kedua, jika stok sudah di level minimum,  sistem secara otomatis akan membuat data pemesanan BBM sesuai volume yang dibutuhkan, untuk kemudian dilakukan pembayaran oleh SPBU.
 
Ketiga, jika sudah diproses, maka sistem akan mengirimkan notifikasi ke titik suplai atau fuel terminal terdekat untuk dijadwalkan pengiriman produk BBM yang dibutuhkan.
 
Pertamina mengklaim ada 2.632 SPBU yang didaftarkan sistem auto replenishment yang tersebar di regional Jawa Barat dan Jakarta, regional Jawa Tengah dan Yogyakarta, regional Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara, serta regional Papua.
 
 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina kembangkan sistem pemesanan BBM otomatis

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE