Batam targetkan 1,5 juta kunjungan wisman pada 2023

id Kepri,batam,Wisman ,kunjungan,kepulauan riau, wisman ke batam,kunjungan wisman ke batam

Batam targetkan 1,5 juta kunjungan wisman pada 2023

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau menargetkan 1,5 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan nusantara (wisnus) pada tahun 2023.

"Kami menargetkan kunjungan wisman dan wisnus 2023 sekitar 1,5 juta kunjungan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata saat dihubungi di Batam, Senin.

Ia menyebutkan kunjungan wisman ke Kota Batam sudah semakin meningkat seiring dengan pengendalian COVID-19 yang semakin membaik.

Baca juga:
Pemkot Batam galang dana gempa untuk Cianjur Rp2,5 miliar dalam sebulan

Polisi imbau orang tua awasi anak saat berenang di laut

Lebih lanjut kata Ardi, Pemkot Batam terus meningkatkan dan mengembangkan konsep 3A yang terdiri dari aksesibilitas, amenitas, dan atraksi juga terus untuk menggaet wisatawan mancanegara.

"Aksesibilitas terus dibenahi, salah satunya pembangunan infrastruktur mulai dari bandara hingga pelebaran jalan. Kemudian amenitas, semakin banyak mall yang buka, destinasi wisata baru seperti taman rusa dan lainnya. Dan yang terakhir atraksi, yaitu atraksi budaya. Kalau atraksi alam, di Batam agak kurang, ya," ujar Ardiwinata.

Sebelumnya Pemerintah Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau menyambut kedatangan kunjungan perdana wisatawan mancanegara (wisman) hari pertama tahun 2023 di Pelabuhan Internasional Sekupang.

Baca juga:
Pemkot sambut kedatangan kunjungan perdana wisman 2023 ke Batam

PT PLN lakukan pemulihan bertahap terhadap kelistrikan Batam - Bintan


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardiwinata di Batam, Ahad mengatakan penyambutan wisman pertama ke Kota Batam sebagai tanda sukacita atas kehadiran wisman tersebut.

Ia menyampaikan penyambutan tersebut sengaja dibuat untuk memberikan kenangan kepada pelancong sehingga dapat kembali lagi untuk berwisata di Kota Batam.

"Kegiatan ini adalah 7 unsur dari sapta pesona yakni memberikan kenangan sehingga wisman datang kembali," ujarnya.

Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Kota Batam, Edi Sutrisno mengatakan pihaknya optimis pada tahun 2023 grafik kedatangan wisman bisa naik secara perlahan seiring dengan sudah tidak diberlakukannya PPKM oleh pemerintah pusat.

"Saya prediksi, tahun ini kita disambangi wisman per bulan dengan rata-rata di angka 100 ribuan per bulan," ujar Edi.

Baca juga:
Kelistrikan Batam-Bintan alami gangguan, sebagian wilayah padam

Imigrasi Batam terbitkan 90 ribu paspor sepanjang 2022  

15.530 lansia Batam sudah dapatkan vaksinasi penguat

Pemkot Batam perkuat pengawasan di pusat keramaian saat perayaan tahun baru

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE