Beli BBM Solar di Batam mulai gunakan Fuel Card 3.0

id kepri,batam ,BBM,fuel card,solar,Kepulauan Riau, Gustian Riau

Beli BBM Solar di Batam mulai gunakan Fuel Card 3.0

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Pembelian bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis Solar di Kota Batam Kepulauan Riau mulai menggunakan kartu Fuel Card 3.0.

"Hari ini pembelian Solar sudah harus menggunakan Fuel Card 3.0 mulai berlaku di seluruh SPBU Batam," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam Gustian Riau saat dihubungi di Batam, Senin.

Ia menambahkan untuk kartu lama, yakni Brizzi Card atau kartu kuning sudah tidak bisa digunakan lagi atau non aktif khusus untuk pembelian BBM Solar.

"Kartu Brizzi (kartu kendali BBM yang lama) bisa digunakan, tapi kalau dia sudah mendaftar kartu Fuel Card 3.0 karena kartu baru itu jadi dalam waktu 3 hari. Jadi harus ada bukti dia sudah daftar kartu Fuel Card 3.0 baru bisa pakai kartu Brizzi," kata dia.

Kata Gustian, pembelian Bio Solar terbagi dalam lima kategori di antaranya untuk kendaraan roda empat pribadi dengan pengisian maksimal 25 liter per hari, mobil roda empat jenis angkut barang maksimal 30 liter, mobil roda empat jenis angkutan orang maksimal 40 liter, mobil angkutan barang roda enam maksimal 50 liter, dan mobil angkutan orang roda enam dengan maksimal 80 liter per hari.

"Dulu pembelian solar di sama ratakan 30 liter, namun banyak yang protes karena merasa tidak adil. Jadi berdasarkan perwakilan yang terbit Oktober 2022 lalu, pengisian solar dibagi berdasarkan jenis kendaraan," kata Gustian .

Ia juga mengimbau bagi pemilik kartu Brizzi atau kendaraan solar yang belum mendaftar, segera melakukan peralihan ke kartu Fuel Card 3.0.

Hingga hari ini pihaknya mencatat sebanyak 4.700 orang telah memiliki kartu Fuel Card 3.0 dari total data pengguna BBM Solar sebanyak 6.500 orang.

Pihaknya membuka posko pengaduan di lantai 1 dan 5 Gedung Bersama Pemkot Batam yang dibuka hingga 31 Januari 2023.

"Kita sudah beri waktu sejak November 2022 lalu, agar semua pihak yang merasa memiliki Kartu Brizzi agar melakukan pendaftaran ulang. Namun ternyata dari 6.500 kendaraan, yang baru mendaftar 4.900 kendaraan," ujar dia.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE