PSSI akan bentuk komite ad hoc suporter dan infrastruktur

id erick thohir ,pssi,ketua umum pssi ,menteri bumn,psis versus persis

PSSI akan bentuk komite ad hoc suporter dan infrastruktur

Ketua Umum PSSI Erick Thohir (depan, kanan) didampingi jajaran Komite Eksekutif (Exco) PSSI memberikan pernyataan kepada media tentang beberapa program organisasi di GBK Arena, Jakarta, Sabtu (18/2/2023). (ANTARA/Michael Siahaan)

Jakarta (ANTARA) - Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) akan membentuk dua komite ad hoc yakni masing-masing suporter dan infrastruktur. Tujuannya adalah untuk membawa sepak bola Indonesia ke arah yang lebih maju.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir di GBK Arena, Jakarta, Sabtu (18/2/2023) mengatakan, keputusan Rapat Exco (Komite Eksekutif-red) PSSI adalah untuk mengadakan komite ad hoc suporter karena isu transformasi sepak bola harus melibatkan suporter.

"Lalu, komite ad hoc infrastruktur dibentuk karena penting sekali membangun 'training center' buat tim nasional," ujar Erick.

Dia menjelaskan, pembentukan komite ad hoc suporter, tidak lepas dari kerusuhan antara pendukung PSIS dan polisi di luar Stadion Jatidiri, Semarang, Jumat (17/2/2023) dalam laga Liga 1 Indonesia PSIS versus Persis tengah berlangsung.

Saat itu, polisi melepaskan gas air mata untuk membubarkan suporter. Keputusan menembak gas air mata tersebut kembali mengingatkan pada tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang, Oktober 2022 yang mengakibatkan 135 suporter meninggal dunia.

Sementara untuk komite ad hoc infrastruktur, Menteri BUMN itu menekankan, pada minggu depan pihaknya akan mengutus tim untuk melihat lahan calon tempat pelatihan timnas.

"Training center" tersebut, lanjut Erick, salah satu bagian dari komitmen untuk mengembangkan sepak bola nasional.

"Untuk pembiayaannya, tidak hanya dari FIFA, kami juga akan mencarikan pembiayaan lainnya," papar mantan Presiden klub Italia Inter Milan itu.

Mengenari siapa saja yang ada di dalam komite ad hoc suporter dan infrastruktur tersebut, anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga, mengatakan  hal itu akan ditentukan oleh Erick Thohir selaku ketua umum PSSI.

Komite ad hoc atau komite dengan tujuan khusus merupakan tambahan dari 14 komite tetap yang ada di PSSI.

Berdasarkan Statuta PSSI, 14 komite tetap tersebut adalah Komite Keuangan, Komite Kompetisi, Komite Teknis dan Pengembangan, Komite Wasit, Komite Hukum, Komite Sepak Bola Wanita, Komite Pengembangan Usia Muda, Komite Futsal, Komite Medis, Komite Status Pemain, Komite Permainan 'Fair Play' dan Tanggung Jawab Sosial, Komite Media, Komite Sepak Bola dan Komite Keamanan.



 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Erick: PSSI akan bentuk komite ad hoc suporter dan infrastruktur

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE