Merapi keluarkan awan panas guguran 60 kali sejak Sabtu

id gunung merapi,BPPTKG,awan panas merapi,guguran awan panas,potensi banjir lahar merapi,erupsi merapi

Merapi keluarkan awan panas guguran 60 kali sejak Sabtu

Foto udara Tim Drone Badan Geologi pascakejadian awan panas guguran pada 11-12 Maret 2023. (ANTARA/HO/BPPTKG)

Yogyakarta (ANTARA) - Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebutkan, sebanyak 60 kali awan panas guguran meluncur dari Gunung Merapi sejak Sabtu (11/3/2023).

Dalam keterangannya di Yogyakarta, Senin (13/3/2023), dia menyampaikan, hal itu mengacu hasil survei Tim Drone Badan Geologi pasca-kejadian awan panas guguran pada 11-12 Maret 2023.

"Pada 11-12 Maret 2023 Gunung Merapi meluncurkan awan panas ke arah Kali Bebeng," ujar Agus.

Berdasarkan pantauan foto udara menggunakan drone, jarak luncur awan panas guguran paling jauh mencapai 3,7 kilometer. Kini, Gunung Merapi masih berada di tingkat Siaga atau Level III.

Disebutkan, potensi bahaya saat ini yakni berupa guguran lava dan awan panas guguran yang bisa menjangkau Kali Woro sejauh maksimal 3 kilometer dari puncak, Kali Gendol sejauh 5 kilometter dari puncak, Kali Boyong sejauh 5 kilometer dari puncak, dan Kali Bedog, Krasak, Bebeng sejauh 7 kilometer dari puncak.

Sementara lontaran material vulkanik dapat menjangkau radius 3 kilometer dari puncak Merapi. Atas kondisi itu, masyarakat diminta waspadai bahaya lahar, terutama saat hujan di puncak Merapi.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPPTKG: Merapi keluarkan awan panas guguran 60 kali sejak Sabtu

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE