Gempa magnitudo 4,6 landa Mahakam Ulu Kaltim

id gempa mahulu,mahakamulu,bpbd agus

Gempa magnitudo 4,6 landa Mahakam Ulu Kaltim

Pusat gempa di Kabupaten Mahulu, Kalimantan Timur. ANTARA/HO-BMKG Balikpapan.

Samarinda (ANTARA) - Gempa dengan magnitudo 4,6 melanda Mahakam Ulu Kalimantan Timur pada Selasa ini pukul 12.43.32 WIB atau pukul 13.43.32 Wita. BPBD setempat mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak mudah terpengaruh jika ada isu tertentu.

"Jika ada isu lain terkait gempa ini, saya minta warga tidak mudah terpengaruh, jangan mudah percaya dengan kabar hoaks," ujar Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Mahulu Agus Darmawan dihubungi dari Samarinda, Selasa.

Hasil pendataan yang dilakukan oleh pihaknya hingga petang hari ini, tidak menemukan warga yang terdampak atau kerusakan bangunan atas peristiwa tersebut.

Pihaknya mengimbau warga agar melaporkan kepada BPBD Mahulu jika ditemukan ada yang terdampak gempa.

"Pendataan yang kami lakukan, baik di Kecamatan Long Hubung maupun di Ibu Kota Mahulu yakni Ujoh Bilang, tidak menemukan adanya dampak karena yang dirasakan hanya getaran ringan. Kami juga imbau masyarakat tidak mudah percaya dengan isu susulan gempa, kecuali dari BMKG,” kata dia.

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi di Mahulu memiliki parameter M4,6. Episentrum gempa bumi tepatnya berlokasi 47 km Tenggara Mahulu, Kalimantan Timur, pada kedalaman 10 kilometer.

"Memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, maka gempa bumi ini dipicu oleh aktivitas sesar aktif dengan mekanisme geser (strike-slip)," kata Kukuh.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE