Dinkes Batam imbau warga hentikan merokok untuk cegah ISPA

id kepri,batam ,ISPA,saluran pernapasan

Dinkes Batam imbau warga hentikan merokok untuk cegah ISPA

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi. (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Batam, Kepulauan Riau mengimbau warga untuk menghentikan kebiasaan merokok sebagai upaya mencegah penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam Didi Kusmarjadi di Batam, Rabu, mengatakan sepanjang Januari hingga Juni 2023 tercatat 16.706 warga setempat terjangkit ISPA.

Cara pencegahan penyakit ISPA, katanya, di antaranya dengan sering mencuci tangan hingga bersih, terutama setelah beraktivitas di tempat umum, meminimalisasi sentuhan tangan di wajah, terutama bagian mulut dan hidung, banyak mengonsumsi makanan yang mengandung serat, mengonsumsi vitamin untuk menambah kekebalan tubuh, dan melakukan olahraga secara teratur minimal 150 menit per minggu untuk olahraga ringan.

"ISPA itu mayoritas penyebabnya adalah virus. Influenza itu juga termasuk ISPA, yang di mulai dari flu-flu. Gejalanya juga ringan seperti batuk demam yang biasanya minum obat paracetamol atau obat flu, vitamin juga sembuh," kata dia.

Ia menjelaskan ISPA yang disebabkan oleh virus biasanya akan sembuh dalam waktu 1-2 minggu, sehingga tidak diperlukan pengobatan yang intensif kecuali dokter menemukan indikasi penyakit berbahaya.

"Yang menjadi persoalan itu pada anak-anak yaitu kalau mengalami komplikasi. ISPA adalah salah satu penyakit menular dan rentan mengenai anak-anak karena imunitas mereka memang masih dalam perkembangan," ujar dia.

Ia mengatakan terdapat beberapa jenis virus yang dapat menyebabkan orang terkena ISPA, yaitu Rhinovirus (dapat menyebabkan flu), Pneumokokus (menyebabkan pneumonia dan meningitis), Adenovirus (dapat menyebabkan bronkitis, pneumonia dan flu), Virus Influenza (dapat menyebabkan flu), Virus Corona (menyebabkan penyakit COVID-19).

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE