Begini tanggapan Erick Thohir soal masuk bursa cawapres Ganjar Pranowo

id Erick Thohir,PDIP,Ganjar Pranowo,Pemilu 2024,pemilu,pdi perjuangan

Begini tanggapan Erick Thohir soal masuk bursa cawapres Ganjar Pranowo

Tangkap layar - Menteri BUMN Erick Thohir mengajak publik untuk menyaksikan peringatan HUT RI yang digelar di Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (17/8/2023) sekaligus menebak baju adat yang dipakai oleh mereka pada upacara tersebut. (ANTARA/Indra Arief)

Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN Erick Thohir menanggapi pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Said Abdullah bahwa dirinya masuk bursa bakal calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi bakal capres Ganjar Pranowo di Pemilu 2024.

"Ya, saya rasa Alhamdulillah. Kan berarti beberapa survei katanya di sebelah kiri bagus, sebelah kanan bagus," kata Erick Thohir di Jakarta, Rabu.

Meski begitu, Erick menilai siapa pun bakal capres dan cawapres yang akan memimpin Indonesia diharapkan dapat melanjutkan pembangunan era Presiden Jokowi.

"Satu, saya tegak lurus dengan bapak presiden. Artinya apa, koalisi yang terbentuk itu bener-bener akan melanjutkan program bapak presiden atau tidak," kata dia.

Apabila dipercayakan sebagai cawapres, kata Erick, dirinya ingin memiliki perasaan saling terhubung yang terbangun di antara dua orang (chemistry), dan ditopang oleh tim yang solid.

"Tim itu harus penting karena tadi pak presiden bilang target 10 ribu hingga 15 ribu itu kan target yang sangat, sangat dekat 2030-an. Artinya apa? kalau timnya tidak solid nanti akhirnya buat apa?" kata Erick.

Tidak hanya itu, dia juga tak ingin memangku kekuasaan yang justru tidak meningkatkan kesejahteraan rakyat, sebab saat ini pertumbuhan ekonomi Indonesia sudah bagus, akan tetapi kesenjangan ekonomi dan sosial masih harus diperhatikan.

"Kita tidak bisa seperti ini saja, arahnya sudah bagus, tapi saya rasa itu yang terpenting buat saya. Jadi, saya tidak mau jadi pemerintahan yang tidak dekat ya," kata dia.

Sebelumnya, Ketua DPP PDI Perjuanga Said Abdullah menyebut pihaknya tetap mempertimbangkan Menteri BUMN Erick Thohir sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk mendampingi  Ganjar Pranowo.

“Lah, bukannya Erick Thohir masuk ke dalam lima cawapres yang disebutkan Mbak Puan? Kami tetap, kekeh,” kata Said.

Said menjelaskan bahwa pertimbangan Erick Thohir menjadi cawapres bagi Ganjar Pranowo bukan didasarkan pada partai pengusungnya, melainkan potensi yang dimiliki.

“Persoalannya bukan Erick partai mana, tapi kalau secara kualitatif, dia bagus, kenapa PDI Perjuangan tidak mengambil?” kata Said

Ia pun menegaskan PDIP dan partai pengusung Ganjar Pranowo tetap mempertimbangkan Erick, terlepas dari bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) dengan Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

“Jangan dikotak-kotak, kita tetap pertimbangkan,” kata dia.






 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Erick Thohir masuk bursa cawapres Ganjar: Saya tegak lurus ke presiden

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE