Marlin: Tingkatkan kompetensi guru PAUD di Batam

id Kepri,batam,guru ,PAUD ,sekolah,Marlin agustina

Marlin: Tingkatkan kompetensi guru PAUD di Batam

Bunda PAUD Kota Batam, Kepulauan Riau Marlin Agustina saat melakukan kunjungan di salah satu PAUD di Kota Batam, Kepri. ANTARA/HO-Pemkot Batam

Batam (ANTARA) - Bunda PAUD Kota Batam, Kepulauan Riau Marlin Agustina berupaya meningkatkan kompetensi dan kualitas guru PAUD guna melahirkan generasi emas untuk masa depan.

“Fokus kita adalah bagaimana meningkatkan kompetensi dan kualitas guru PAUD. Dari para guru ini, kita bisa ikut menyiapkan generasi hebat,” kata Marlin di Batam, Jumat.

Dalam kunjungannya ke salah satu PAUD di Kota Batam, Marlin menyampaikan hal tersebut untuk terus menjemput berbagai program, sehingga setiap tahun anggaran, program yang diminta oleh pata mitra PAUD bisa terlaksana.

“Kami berkunjung agar tahu kebutuhan dan tantangan. Dari sinilah rekomendasi untuk berbagai program kita buat. Semua program itu memang permintaan dari bawah dan untuk kepentingan mereka,” ujar dia.

Dengan begitu, ia berpesan perlunya pendampingan dan pengawasan untuk tumbuh kembang anak sehingga kolaborasi orang tua dan guru sangat penting bagi mewujudkan generasi hebat.

Marlin menambahkan pengawasan dan komunikasi dengan anak dinilai sangat penting sekali, terutama dalam penggunaan media sosial.

“Jaga mereka jangan terlalu larut dengan gadget atau masuk ke media sosial. Memang usia bermain tapi jangan biarkan bermain dengan media sosial,” kata Marlin.

Sebelumnya, Wali Kota Batam, Kepulauan Riau Muhammad Rudi mengajak para guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) untuk dapat berperan dalam membentuk karakter anak didiknya sebagai penerus bangsa.

"Pendidikan tidak sekadar membuat anak didik cerdik dan pandai, namun harus berkarakter dan berbudaya," katanya.

Ia mengatakan penanaman karakter pada generasi muda perlu terus diperkuat.

Menurutnya, pendidikan merupakan rekayasa sosial yang bertujuan membentuk karakter.

Ia mengatakan pada 2045 Indonesia akan masuk pada bonus demografi atau Indonesia Emas yang merupakan suatu keadaan peningkatan penduduk sebuah negara pada usia produktif yaitu berkisar antara 16 hingga 65 tahun.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE