Tim Seven Summits Tuntaskan Misi Pendakian Kelima

id Tim, Seven, Summits, Tuntaskan, Misi, Pendakian, Kelima, denali, mckinley

Jakarta (ANTARA News) - Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia atau Seven Summits menuntaskan dengan sukses misi pendakian kelima yaitu ke Puncak Denali/McKinley (6.194 mdpl) dan berhasil mengibarkan Sang Merah Putih di puncak tertinggi di Alaska, Amerika Serikat itu.

Berdasarkan data di Sekretariat Seven Summits di Jakarta, Selasa, para pendaki itu sukses mencapai puncak dan menancapkan Sang Merah Putih, Minggu (15/5) tepat pukul 21.15 waktu setempat atau Senin (16/5) pukul 12.15 WIB.

Hanya empat dari lima pendaki inti  yang sukses mencapai puncak tertinggi di Alaska itu yaitu Fajri Al Lutfi, Iwan Irawan, Martin Rimbawan dan Nurhuda.

Satu pendaki inti lainnya yaitu Ardhesir Yaftebbi bersama seorang pemandu turun ke Camp mendampingi Wartawan Metro TV Popo Nurakhman yang mengalami kesulitan di ketinggian 5.900 mdpl.

Upaya pendakian kelima dari tujuh pendakian yang direncanakan dimulai sejak Selasa (2/5). Akibat cuaca buruk seluruh pendaki bersama dengan pemandu sempat tertahan di Camp 3 (ketinggian 4.328 mdpl) hingga Kamis (12/5).

Setelah cuaca membaik seluruh pendaki melanjutkan pendakian dan mendirikan high camp di ketinggian 5.242 mdpl. Selanjutnya, Minggu (15/5) waktu setempat pendaki bergerak ke Puncak Denali dan berhasil mencapai puncak setelah selama 15 hari melakukan pendakian.

Dalam laporan yang diterima Sekretariat Seven Summits di Jakarta, cuaca puncak Denali saat pendaki sampai puncak dalam keadaan berawan, bahkan dalam angin pun tidak begitu kencang hanya sekitar 10 mph. Meski dalam kondisi aman seluruh pendaki tidak bisa bertahan lama karena harus secepatnya turun.

Saat ini seluruh pendaki telah tiba dengan selamat di high camp, Minggu (15/5) pukul 04.15 waktu setempat. Selanjutnya seluruh pendaki akan turun dan diperkirakan tiba di Talkeetna, Kamis (19/5).

Dengan sukses mencapai Puncak Denali/McKinley berarti tinggal dua pendakian lagi yang harus dituntaskan yaitu ke Puncak Vinson Massif (4.897 mdpl) di Antartika) dan Puncak Sagarmatha/ Everest (8.850 mdpl) di Nepal/China.

Sebelumnya Tim Ekspedisi Tujuh Puncak Dunia telah mampu mencapai Puncak Ndugu-Ndugu/Carstensz Pyramid (4.884 mdpl), Puncak Kilimanjaro (5.892 mdpl) di Tanzania, Puncak Elbrus (5.642 mdpl) di Rusia dan Puncak Aconcagua (6.962 mdpl) di Argentina.

(ANT-B016/A016/Btm3)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE