Gempa magnitudo 5,3 guncang barat daya Keerom, Papua

id BMKG ,Gempa Keerom ,Sesar aktif

Gempa magnitudo 5,3 guncang barat daya Keerom, Papua

Peta pusat gempa dengan kekuatan magnitudo 5,3 di wilayah barat daya Keerom, Papua, Minggu (10/12/2023). (ANTARA/HO-BMKG)

Jakarta (ANTARA) - BMKG menyampaikan gempa berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang barat daya Keerom, Papua pada kedalaman 54 km.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas sesar aktif," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Ahad.

Ia mengatakan gempa yang terjadi pada pukul 11.49.46 WIB itu menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar.

Ia mengemukakan gempa bumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Kota Jayapura dengan skala intensitas III MMI (modified mercally intensity), artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan akan truk berlalu.

Gempa juga terasa di daerah Kabupaten Jayapura dengan skala intensitas II MMI (getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," katanya.

Daryono menyampaikan hingga pukul 12.00 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan (aftershock).



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Gempa menengah M5,3 guncang barat daya Keerom, Papua

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE