KSOP Batam siagakan 99 kapal angkutan mudik Natal dan Tahun Baru

id Kepri,batam ,KSOP,armada ,natal ,tahun baru

KSOP Batam siagakan 99 kapal angkutan mudik Natal dan Tahun Baru

Kapal roro yang mengangkut penumpang Pelabuhan Roro Telaga Punggur Kota Batam. ANTARA/Jessica

Batam (ANTARA) - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) khusus Batam Kepulauan Riau menyiapkan sebanyak 99 kapal angkutan mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kabid Lalu Lintas dan Angkutan Laut, Tata Kelola Kepelabuhanan KSOP Batam Dedy Hermanto di Batam, Senin mengatakan dari 99 unit tersebut, 82 unit sudah dilakukan pengecekan kondisi kapal.

Ia menambahkan secara keseluruhan armada tersebut dapat menampung 20.733 penumpang yang tersebar di Pelabuhan Sekupang, Pelabuhan Telaga Punggur hingga Pelabuhan Habourbay.

"Pada intinya kita udah siapkan semua dari sisi armada yang sudah terpasang untuk kegiatan mendukung Natal-Tahun Baru itu kita ada 99 kapal yang sudah disiapkan," ujar Dedy.

Ia juga memastikan untuk seluruh kapal antar pulau akan beroperasi sesuai dengan kapasitas kursi yang tersedia.

"Kalau untuk kapal pulau sudah dipastikan tidak bisa melebihi kapasitas kursi yang ada. Itu hanya berlaku untuk kapal Pelni, yaitu bisa melebihi 47 persen dari kapasitas kursi yang ada," ujar dia.

Dedy mengatakan, terkait penentuan kapasitas kursi kapal penumpang dikeluarkan oleh kantor pusat Dirjen Perhubungan Laut, sehingga untuk saat ini dispensasi tersebut hanya diberikan kepada kapal Pelni.

"Jadi hanya armada kapal Pelni saja, bukan kapal kapal penyeberangan yang lain, karena kapal Pelni ini kapal milik negara juga diberikan dispensasi yang tadi disampaikan sekitar 47 persen dari yang ada" kata dia.

Adapun posko yang juga disiagakan oleh KSOP Batam dalam rangka momen mudik Natal - Tahun Baru 2024 yaitu sebanyak lima posko.

"Poskonya ini kami siagakan ada lima lokasi di Kantor KSOP khusus Batam , yaitu Sekupang, Batam Center, Telaga Punggur, Harbourbay dan di Pelabuhan Batuampar sudah kita siapkan seperti tahun lalu dan saya rasa mudah-mudahan cukup," ujar dia.





 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: KSOP Batam siagakan 99 kapal angkutan mudik Natal

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE