Kota Batam raih penghargaan Daerah Perbatasan Terinovatif dalam IGA 2023

id Kepri,batam ,IGA,daerah perbatasan

Kota Batam raih penghargaan Daerah Perbatasan Terinovatif dalam IGA 2023

Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kota Batam Heriman saat menerima penghargaan Daerah Perbatasan Terinovatif dalam IGA 2023. ANTARA/HO-Pemkot Batam

Batam (ANTARA) - Kota Batam, Kepulauan Riau, meraih penghargaan sebagai Daerah Perbatasan Terinovatif dalam Innovative Goverment Award (IGA) 2023.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan adapun dua inovasi unggulan dari 17 inovasi Pemkot Batam, di antaranya inovasi Digital Fuel Card 3.0 dan inovasi non-digital Bazar Upcycle Berbuah Rupiah (BUPER).

"Inovasi Digital Fuel Card 3.0 hadir bertujuan agar penyaluran jenis BBM tertentu (JBT) solar untuk Kota Batam lebih tepat sasaran dan tepat volume. Selain itu juga memudahkan Pemkot Batam dalam melakukan pengawasan," ujar Rudi dalam keterangan yang diterima di Batam, Rabu.

Sementara untuk inovasi BUPER merupakan program dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia sebagai embrio generasi emas pada tahun 2045 dalam mewujudkan Batam Kota Baru.

Ia berharap penghargaan ini dapat menjadi motivasi bagi semua pegawai di lingkungan Pemkot Batam.

"Mudah-mudahan ini menjadi motivasi kita semua untuk terus berinovasi dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat," ujar dia.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memberikan apresiasi kepada semua daerah yang telah berpartisipasi pada ajang Innovative Goverment Award Tahun 2023.

Menurutnya jumlah inovasi maupun pemerintah daerah yang mengirimkan dokumen inovasi pada tahu ini meningkat.

"Ada 527 pemda yang berpartisipasi dan ada 28.539 inovasi yang dinilai oleh juri," ujar Tito.

Ia berpesan agar inovasi yang dibuat oleh pemda bukan hanya sekedar untuk mendapatkan penghargaan, tetapi benar-benar tercipta inovasi yang memberikan kemudahan bagi masyarakat.

"Jangan sampai kita buat inovasi terus dapat penghargaan dan setelah itu hilang. Jadi harus benar-benar tercipta inovasi dengan sistem berkelanjutan," kata dia.


 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE