Pemkab Natuna beri vitamin A kepada balita guna cegah stunting

id Vitamin A Balita,natuna

Pemkab Natuna beri vitamin A kepada balita guna cegah stunting

Proses pemberian Vitamin A kepada balita di Pantai Piwang, Kecamatan Bunguran Timur pada Minggu (4/1). (ANTARA/Muhamad Nurman)

Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), memberikan vitamin kepada balita di Pantai Piwang, Kecamatan Bunguran Timur, pada Minggu, guna mencegah stunting di daerah itu.

Wakil Bupati (Wabup) Natuna Rodhial Huda di Natuna, Minggu, mengatakan pemberian vitamin perlu dilakukan agar generasi penerus bangsa bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

"Hari ini juga ada IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat), deteksi kanker rahim," ucapnya. 

Ia menyebut kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan guna mengkampanyekan gerakan hidup sehat kepada masyarakat. "Ini adalah rangkaian dari kampanye hidup sehat kita," ujar dia.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Natuna Hikmat Aliansyah mengatakan pemberian vitamin A kepada anak merupakan kegiatan rutin yang dilakukan pada bulan Februari dan Agustus. 

"Biasanya kami lakukan pada Februari dan Agustus, untuk Februari sudah kami lakukan," ucap Hikmat.
 
Proses pengukuran tinggi badan balita di Pantai Piwang, Kecamatan Bunguran Timur pada Minggu (4/1). (ANTARA/Muhamad Nurman)


 Selain pemberian vitamin, pihaknya juga memberikan vaksinasi kepada balita dan melakukan penimbangan berat badan bayi serta pengukuran tinggi badan bayi guna .
mendeteksi dini penderita stunting di Natuna, sehingga penanganannya bisa  lebih cepat.

"Dalam rangka mendeteksi stunting kami melakukan penimbangan dan pengukuran bayi balita, kemudiam kami ada pemberian vaksinasi juga, vaksinasi untuk bayi balita kemudian pemeriksaan IVA dalam rangka deteksi dini kanker leher rahim," ujarnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan tersebut masyarakat sadar akan pentingnya hidup sehat.

"Pada kegiatan tersebut kamiberkolaborasi dengan Dispora dan BPJS Kesehatan," ucapnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE