Gempa magnitudo 5,3 guncang Maluku

id BMKG,Gempa Bumi,Daryono,Laut Banda,Musibah

Gempa magnitudo 5,3 guncang Maluku

Peta lokasi gempa bumi magnitudo M5,3 yang berlokasi di laut pada jarak 206 kilometer arah Barat Laut Tanibar dengan kedalaman 158 kilometer, Selasa (13/2/2024). ANTARA/HO-BMKG

Jakarta (ANTARA) - BMKG melaporkan gempa tektonik dengan magnitudo 5,3 mengguncang beberapa wilayah di Maluku pada Selasa pagi .

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono di Jakarta, Selasa, mengatakan berdasarkan pantauan gempa bumi tersebut menimbulkan guncangan di daerah Amahai, Maluku Tengah dengan skala intensitas III - IV MMI.
 

Daryono menjelaskan, gempa dengan magnitudo 5,3 itu berlokasi di laut pada jarak 206 kilometer arah barat Laut Tanibar dengan kedalaman 158 kilometer.

Baca juga: Tiga penumpang tewas akibat bus terguling di Bukit Bego

Analisa BMKG mendapati gempa tersebut merupakan jenis gempa bumi menengah yang ditimbulkan akibat adanya aktivitas deformasi batuan lempeng pada subduksi Laut Banda, dan memiliki mekanisme pergerakan geser naik atau oblique thrust-fault.

“Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami,” kata dia.

Daryono juga mengharapkan masyarakat agar memastikan bangunan tempat tinggal cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran yang membahayakan kestabilan bangunan supaya aman dari potensi runtuhnya bangunan diakibatkan oleh gempa.

Baca juga: 4.000 rumah di Demak terdampak banjir



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG: Gempa tektonik magnitudo 5,3 guncang Maluku

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE