Ratusan rumah rusak akibat puting beliung di Bandung akan diperbaiki

id BNPB,Angin puting beliung,musibah

Ratusan rumah rusak akibat puting beliung di Bandung akan diperbaiki

Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan (tengah) saat memberikan keterangan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (23/2/2024). (ANTARA/Rubby Jovan)

Kabupaten Bandung (ANTARA) - BNPB memastikan rumah warga di Kabupaten Bandung dan Sumedang, Jawa Barat yang rusak akibat bencana angin puting beliung akan diperbaiki oleh pemerintah.

“Sehingga nanti rumah yang rusak dengan memenuhi kriteria rusak ringan, sedang dan berat kita akan sama-sama dukung, sehingga nanti pada saatnya bisa dilaksanakan perbaikan,” kata Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan di Kabupaten Bandung, Jumat.

Berdasarkan data sementara yang diperoleh dari BPBD Jabar, bencana angin puting beliung yang terjadi pada Rabu (21/2) telah mengakibatkan sebanyak 611 rumah mengalami kerusakan dengan 835 kepala keluarga yang terdiri atas 1.968 jiwa terdampak.

Bantuan yang diberikan untuk rumah yang mengalami rusak ringan sebesar Rp15 juta, rusak sedang Rp30 juta, dan rusak berat Rp60 juta.

“Kemungkinan warga tidak direlokasi, karena tidak ada wilayah daratan ataupun tanah yang terdampak. Karena ini masih bisa digunakan,” kata dia.

Fajar mengatakan pihaknya menginstruksikan kepada BPBD Jabar untuk melakukan verifikasi data guna membantu perbaikan rumah yang rusak.

“Selebihnya untuk kerusakan rumah dan infrastruktur itu butuh waktu untuk asesmen yang nantinya akan diproses terhadap pemilihan rusak ringan, sedang dan berat,” katanya.

Lebih lanjut, dia menyampaikan pihaknya akan memberikan kebebasan kepada warga untuk membangun rumahnya kembali dengan nominal yang sudah ditetapkan sesuai level kerusakan.
 

 

 


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BNPB pastikan rumah rusak akibat puting beliung di Bandung bakal diperbaiki

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE