Wapres Ma'ruf minta dukungan Selandia Baru tingkatkan peran RI di Pasifik

id Wapres Ma'ruf Amin,Winston Peters, RI-Selandia Baru, Asean Outlook, Indo-Pasific

Wapres Ma'ruf minta dukungan Selandia Baru tingkatkan peran RI di Pasifik

Wakil Presiden Ma'ruf Amin berpose dengan Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters menjelang pertemuan bilateral Indonesia-Sepandia Baru, di Gedung Parlemen Selandia Baru, Rabu (28/2/2024). (ANTARA/HO-Sekretariat Wakil Presiden)

Wellington, Selandia Baru (ANTARA) - Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengharapkan dukungan Pemerintah Selandia Baru untuk peningkatan peran Indonesia di kawasan Pasifik melalui Forum Kepulauan Pasifik.

"Saya menghargai dukungan Selandia Baru dalam implementasi ASEAN Outlook on Indo-Pasifik," kata Wapres Ma'ruf saat melakukan kunjungan kehormatan bertemu Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters di Gedung Parlemen Selandia Baru, Rabu (28/2).

Ia mengatakan dukungan ini merupakan komitmen kedua negara untuk menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang damai, stabil, dan sejahtera.

ASEAN Outlook on Indo-Pacific (AOIP) atau Pandangan ASEAN tentang Indo-Pasifik merupakan penegasan posisi Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dalam peranannya menjaga perdamaian, keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di kawasan Indo-Pasifik (Asia Pasifik dan Samudera Hindia).

Outlook ini mengedepankan pendekatan dialog dan kerja sama yang terbuka dan inklusif di bidang yang menjadi prioritas ASEAN, yaitu maritim, ekonomi, konektivitas, dan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB)/Sustainable Development Goals (SDGs).

Untuk itu, Wapres Ma'ruf berharap dukungan Selandia Baru bagi peningkatan peran Indonesia di kawasan Pasifik melalui Forum Kepulauan Pasifik.

Sebagai bagian integral dari wilayah Pasifik, kata Ma'ruf, Indonesia dan Selandia Baru saling berbagi tantangan dan kepentingan yang sama dalam menjaga stabilitas kawasan.

"Kerja sama trilateral antara Indonesia, Selandia Baru dan salah satu negara Pasifik lainnya perlu diwujudkan, utamanya di bidang ekonomi dan pembangunan," ujarnya.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin menemui Wakil Perdana Menteri Selandia Baru Winston Peters di Gedung Parlemen Selandia Baru, di Wellington, Rabu, untuk menciptakan peluang baru kerja sama bilateral.

"Saya menyambut baik pertemuan kita ini untuk diskusi lebih lanjut tentang peningkatan kerja sama bilateral melalui langkah konkret dan penciptaan peluang baru," kata Wapres Ma'ruf saat membuka pertemuan tersebut.

Wapres mengatakan hubungan bilateral Indonesia dan Selandia terus berjalan baik melalui berbagai kerja sama yang baik.

"Saya senang kerja sama kedua negara kira terus berjalan baik, saling kunjung antar-pejabat juga terus meningkat," katanya.

Dalam kesempatan itu, Ma'ruf Amin mengucapkan selamat atas pengangkatan Winston Peters sebagai Wakil Perdana Menteri sekaligus Menteri Luar Negeri Selandia Baru yang baru.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang VIP Gedung Parlemen sekitar pukul 10.00 waktu setempat, berlangsung hangat.

Winston Peters menyambut kedatangan Ma'ruf Amin dengan bersalaman, lalu berfoto dengan latar bendera kedua negara.

"Merupakan suatu kehormatan besar. Indonesia merupakan negara kunci bagi Selandia Baru di wilayah Asia Pasifik, termasuk negara terbesar di Asia Tenggara," tuturnya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Wapres minta dukungan Selandia Baru tingkatkan peran RI di Pasifik

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE