BMKG terbitkan 27 daerah berstatus waspada dampak hujan, termasuk Kepri

id BMKG,prakiraan cuaca,cuaca ekstrem,bencana alam,banjir,hidro-meteorogi,gelombang tinggi,perairan indonesia

BMKG terbitkan 27 daerah berstatus waspada dampak hujan, termasuk Kepri

Arsip Foto - Pejalan kaki menggunakan payung untuk berlindung dari hujan saat melintas di pedestrian MRT Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa (5/12/2023). (ANTARA/M Riezko Bima Elko P/am).

Jakarta (ANTARA) - Banyak daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang disertai dengan petir dan angin kencang, bahkan 27 di antaranya ditetapkan berstatus waspada oleh BMKG, termasuk wilayah Kepulauan Riau.

Dalam laman resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Ahad, ke-27 daerah berstatus waspada antara lain meliputi Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Bengkulu, Lampung, Kepulauan Riau, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Banten.  

Selanjutnya BMKG memprediksi potensi hujan disertai petir terjadi di Kepulauan Aru dan Kepulauan Tanibar pada sore hari. Sementara itu, Jambi, Banjarmasin, Palembang, Palangka Raya diprakirakan hujan sedang pada pagi hari.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengungkapkan bahwa upaya kesiapsiagaan cuaca ekstrem yang berpotensi menimbulkan bencana hidro-meteorologi mesti ditingkatkan di sebagian besar wilayah Indonesia.  

Menurut dia, berdasarkan hasil analisa cuaca yang dilakukan tim diketahui setidaknya hingga 8 Maret 2024 curah hujan tinggi rata-rata berkisar 150 mm – 300 mm dan bahkan berpotensi lebih dari itu.

Selain itu pula, BMKG juga memprediksi pada hari ini - besok (Senin 4/3), sebagian besar wilayah pesisir Indonesia akan mengalami risiko bahaya gelombang tinggi.

Hal tersebut didapatkan berdasarkan laporan peringatan dini gelombang tinggi yang diekspos pada laman media sosial Instagram @infobmkg.

Dalam laporannya, gelombang angin di wilayah Indonesia bagian utara umumnya bergerak dari utara-timur laut dengan kecepatan angina berkisar 6-25 knot.

Sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan umumnya bergerak dari Barat Daya- Barat Laut dengan kecepatan 4-25 knot.

 


 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG terbitkan 27 daerah berstatus waspada dampak hujan di Indonesia

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE