BMKG: Cuaca ekstrem masih terjadi hingga Senin

id BMKG, cuaca ekstrem,Madden Julian Oscillation, siklon tropis

BMKG: Cuaca ekstrem masih terjadi hingga Senin

Ilustrasi - Cuaca ekstrem. ANTARA/Fanny Octavianus

Jakarta (ANTARA) - BMKG menyebutkan potensi cuaca ekstrem yang berdampak pada peningkatan curah hujan signifikan di beberapa wilayah Indonesia masih terjadi hingga Senin (18/3/2024).

Kanal informasi BMKG yang dikutip di Jakarta, Ahad dini hari, menyebutkan hasil analisa cuaca mengidentifikasi aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) yang aktif sebagai pemicu peningkatan curah hujan.

"Serta, adanya tiga bibit Siklon Tropis diprakirakan menimbulkan potensi hujan berintensitas sedang, lebat, disertai kilat atau angin kencang di sebagian wilayah Indonesia hingga 18 Maret 2024," demikian petikan peringatan dini BMKG.

Sejumlah daerah yang berpotensi dilanda cuaca ekstrem antara lain Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati pada Jumat (15/3/2024) mengatakan tiga bibit siklon tropis yakni 91S, 94S, dan 93P termonitor berada di sekitar Samudera Hindia selatan Jawa, Laut Timor, dan Laut Australia, yang menunjukkan pengaruh terhadap wilayah Indonesia bagian selatan.


Untuk itu, BMKG mengimbau masyarakat untuk tidak panik terkait dengan informasi bibit Siklon Tropis 91S, 94S, dan 93P, namun tetap waspada terhadap kemungkinan potensi cuaca ekstrem.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BMKG sebut cuaca ekstrem masih terjadi hingga Senin

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE