Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Tanjungpinang pastikan peserta bisa berobat gunakan KTP

id bpjs kesehatan,lebaran

Libur Lebaran, BPJS Kesehatan Tanjungpinang pastikan peserta bisa berobat gunakan KTP

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kota Tanjungpinang MN Andriansah. (ANTARA/Ogen)

Tanjungpinang (ANTARA) - BPJS Kesehatan Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), memastikan selama cuti bersama dan libur Lebaran 2024 peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) bisa berobat ke fasilitas kesehatan menggunakan kartu tanda penduduk (KTP).

Ketentuan itu juga berlaku bagi peserta JKN yang melakukan perjalanan mudik atau berada di luar wilayah domisili fasilitas kesehatan (faskes) tempatnya terdaftar.

"Misalnya warga Tanjungpinang mudik ke Jakarta. Tiba-tiba sakit tetapi lupa membawa kartu BPJS Kesehatan, tetap bisa berobat ke faskes terdekat sambil menunjukkan KTP atau KK," kata Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Kota Tanjungpinang MN Andriansah, di Tanjungpinang, Kamis.

Andriansah mengatakan jika faskes bersangkutan enggan melayani peserta JKN yang akan berobat memakai KTP, maka bisa dilaporkan langsung ke call center BPJS Kesehatan nomor 165.



Ia pun mengingatkan bahwa layanan pengobatan menggunakan KTP tersebut dapat diakses apabila kartu peserta BPJS Kesehatan aktif, karena pihak pelayanan kesehatan akan mengecek status kepesertaan melalui NIK KTP atau KK.

Oleh karena itu, ia mengimbau peserta JKN rutin mengecek kepesertaan masing-masing guna memastikan status aktif agar tidak terkendala ketika mendadak sakit atau perlu pelayanan kesehatan.

"Kalau satu bulan menunggak iuran BPJS Kesehatan, kartu peserta otomatis dinonaktifkan. Setelah bayar, hari itu juga langsung aktif dan dapat digunakan untuk berobat," ujarnya.

Selain itu, kata dia, BPJS Kesehatan juga telah menyiapkan layanan memudahkan peserta JKN mengecek lokasi faskes terdekat untuk berobat ketika mudik lebaran di luar domisili, yakni cukup membuka aplikasi Mobile JKN.



Menurut dia, jika dalam keadaan tidak darurat, peserta JKN dalam kondisi sakit saat mudik cukup berobat ke faskes terdekat. Sebaliknya apabila keadaan darurat, bisa langsung ke rumah sakit sesuai denah lokasi yang ada di aplikasi Mobile JKN.

"Kami juga membuka layanan call center 165, WhatsApp Pandawa nomor 08118165165, atau datang ke kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat kalau ada keluhan seputar pelayanan BPJS Kesehatan," ujar dia.

Andriansah menegaskan BPJS Kesehatan berkomitmen memudahkan peserta JKN dalam mengakses pelayanan kesehatan yang diperlukan sepanjang cuti bersama dan libur Lebaran 2024.

BPJS Kesehatan Tanjungpinang menyediakan berbagai kanal layanan seperti pelayanan piket di kantor cabang dan pelayanan administrasi melalui WhatsApp Pandawa yang beroperasi dari pukul 08.00 hingga 12.00 waktu setempat. Layanan yang disediakan bagi peserta JKN mencakup administrasi, pemberian informasi, dan penanganan pengaduan.



"Selain itu, peserta JKN juga dapat memanfaatkan layanan administrasi JKN melalui aplikasi Mobile JKN," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: BPJS Kesehatan Tanjungpinang pastikan peserta bisa berobat pakai KTP

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE