Gempa Tuban getarkan sejumlah daerah di Pulau Jawa

id Gempa Tuban,BMKG,getaran gempa tuban,tsunami,gempa 6 magnitudo,Muaibah

Gempa Tuban getarkan sejumlah daerah di Pulau Jawa

Peta gempa bumi berkekuatan 6 magnitudo yang berpusat di wilayah Tuban, Jawa Timur pada Jumat (22/3/2024) siang pukul 11.22 WIB. ANTARA/HO-BMKG

Jakarta (ANTARA) - BMKG melaporkan sejumlah daerah di Pulau Jawa mengalami getaran berkekuatan skala intensitas III-IV MMI akibat gempa bumi yang berpusat di Tuban, Jawa Timur, pada Jumat siang.

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Daryono di Jakarta, Jumat, menginformasikan gempa berkekuatan 6 magnitudo yang berpusat di laut 132 kilometer timur laut Kota Tuban itu membawa dampak getaran hingga skala intensitas III-IV (MMI).

Skala intensitas III-IV (MII) itu bermakna getaran gempa dirasakan oleh semua orang secara nyata di dalam rumah, hingga benda berat bergoyang dan kerusakan ringan pada bangunan.

Baca juga: Gempa Tuban dirasakan sejumlah warga di Surabaya

Adapun dampak getaran dengan skala intensitas tersebut dirasakan oleh masyarakat di Bawean, Jepara, Kudus, Semarang, Blora, dan  Pekalongan (Jawa Tengah). Selanjutnya Jawa Timur (Lamongan, Bojonegoro, Surabaya, Nganjuk, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Sidoarjo, Madiun, Pasuruan, Malang), D.I Yogyakarta.

“Satu aktivitas gempa susulan 4,4 magnitudo terjadi hingga pukul 11.50 WIB,” ujarnya.

Menurut dia, rentetan gempa bumi tektonik tersebut berjenis gempa dangkal yang terjadi diakibatkan oleh adanya aktivitas sesar aktif di laut Jawa. Hasil analisis mekanisme sumber yang menunjukkan pergerakan geser dalam proses tersebut.

Gempa bumi dirasakan sejumlah warga di Kota Surabaya, Jawa Timur, sehingga membuat sebagian harus keluar dari ruangan kantor untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.
 
Baca juga: Pemadam kesulitan padamkan kebakaran gudang di Jakarta

Salah satunya seperti yang dirasakan oleh salah satu karyawan di Ruko Este Square, Merr Surabaya, Yani Hirmawati, yang merasakan getaran dua kali di dalam kantornya.
 
"Dua kali getaran sangat terasa kencang, meja kerjaku sampai bergetar dan goyang-goyang. Ini sebagian karyawan yang bekerja di ruko ini juga keluar dari kantor," katanya, Jumat.
 
Ia mengatakan getaran tersebut membuat seluruh karyawan isi kantornya keluar khawatir akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.
 
"Langsung keluar ruangan kantor," ucapnya.


Baca juga: Kapal yang diawaki sejumlah WNI tenggelam di perairan Jepang

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Gempa Tuban getarkan sejumlah daerah di Pulau Jawa hingga skala IV

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE