ASDP Batam layani 14 trip pelayaran selama arus mudik Lebaran

id Kepri,batam ,ASDP ,mudik

ASDP Batam layani 14 trip pelayaran selama arus mudik Lebaran

Suasana ASDP Telaga Punggur Kota Batam, Kepri (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Pelabuhan ASDP Telaga Punggur, Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri) melayani sebanyak 14 trip pelayaran kapal roro dengan jumlah pemudik mencapai 11.167 pemudik selama arus mudik Lebaran 2024, yang terhitung sejak 3 April 2024 lalu.

General Manager ASDP Telaga Punggur, Nana Sutisna di Batam, Selasa mengatakan puncak arus mudik yang terjadi pada 8 April 2024 tercatat jumlah pemudik sebanyak 2.585 penumpang.

"Ada 6 kapal yang kita mengoperasikan pada H-2 kemarin dengan jumlah trip kapal sebanyak 14 trip," ujar Nana.

Ia menyampaikan jumlah penumpang pada momen mudik Lebaran tahun ini meningkat sebesar 40 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

"Untuk jumlah kendaraan yang menggunakan pelayanan penyeberangan di Pelabuhan ASDP Batam selama periode mudik ini totalnya 4.469 unit, baik roda dua maupun roda empat atau lebih," kata dia.

Menurutnya, animo pemudik khususnya rute Kuala Tungkal tahun ini cukup tinggi.

"Namun kita bisa mengatasi hal tersebut setelah berkoordinasi dengan semua pihak untuk melakukan penambahan kapal,” ujar Nana.

Sebelumnya, Kapolda Provinsi Kepri Irjen Pol Yan Fitri Halimansyah meninjau pelabuhan Kapal Roro ASDP Telaga Punggur Batam guna memastikan para pemudik merasa aman dan nyaman.

Usai meninjau para pemudik yang saat itu sedang menunggu waktu keberangkatan, Yan mengatakan meskipun ada kendala yang terjadi beberapa hari lalu, karena calon penumpang kehabisan tiket mudik tujuan Kuala Tungkal, arus mudik di Kepri berjalan dengan baik.

“Saya mengapresiasi langkah cepat BPTD (Balai Pengelola Transportasi Darat) untuk segera mencari solusi. Sehingga, penumpang yang tertunda keberangkatannya bisa diberangkatkan di hari yang sama,” ujar Yan di Batam, Senin.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE