Sekjen PBB prihatin banyak Muslim tidak bisa rayakan Idul Fitri

id idul fitri,sekjen pbb,antonio guterres,perayaan idul fitri,perang saudara sudan,konflik israel palestina,genosida palest

Sekjen PBB prihatin banyak Muslim tidak bisa rayakan Idul Fitri

Arsip foto - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres berbicara di perbatasan Rafah sisi Mesir pada 23 Maret 2024. Guterres mengulangi seruannya untuk segera melakukan gencatan senjata di daerah kantong Palestina yang terkepung. (Mohamed Ahmed/Xinhua)

Washington (ANTARA) - Sekjen PBB Antonio Guterres menyatakan diringa merasa prihatin terhadap masyarakat Muslim di sejumlah negara yang tidak dapat merayakan Idul Fitri akibat konflik.

"Setiap tahun, saya menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri kepada masyarakat Muslim di seantero dunia," kata Guterres melalui akun resminya di media sosial X, Rabu.

"Hati saya hancur kala mengetahui bahwa di Gaza, Sudan, dan di banyak tempat lainnya, sangat banyak masyarakat Muslim tidak dapat merayakannya dengan baik akibat konflik dan kelaparan," kata dia.

Sudan tengah dilanda perang saudara antara angkatan bersenjata negara tersebut dengan kelompok paramiliter Pasukan Dukungan Cepat (RSF) sejak April tahun lalu.

Sementara itu, agresi Israel ke Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023 telah menewaskan lebih dari 33.000 rakyat Palestina. Hampir seluruh infrastruktur di daerah tersebut hancur akibat serangan Israel.



Sumber: Anadolu

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sekjen PBB prihatin banyak warga Muslim tidak bisa rayakan Idul Fitri

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE