Pemkab Natuna bentuk relawan pemadam kebakaran desa

id Natuna,Damkar,Kebakaran ,Disdamkar,Relawan pemadan kebakaran ,Kepulauan Riau

Pemkab Natuna bentuk relawan pemadam kebakaran desa

Foto bersama sebelum sosialisasi (ANTARA/HO-Pemkab Natuna)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri), membentuk relawan pemadan kebakaran (redkar) di tingkat desa dan kelurahan.
 
Kepala Bidang Pencegahan Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kabupaten Natuna Suparta saat dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Kamis, mengatakan tujuan dibentuknya relawan adalah untuk meminimalisir terjadi kebakaran dan korban di Natuna.

Ia mengatakan relawan telah dibentuk di Kecamatan Pulau Tiga dan saat ini pihaknya tengah membentuk relawan di Kecamatan Bunguran Barat.
 
Suparta menjelaskan para relawan diberikan edukasi terkait cara mencegah dan menanggulangi apabila terjadi kebakaran di wilayah masing-masing. Edukasi yang diberikan melalui dua tahapan yakni teori dan praktek.
 
"Kami berikan mereka sosialisasi dan edukasi terkait cara mencegah dan menanggulangi kebakaran," ujar Suparta.
 
Ia mengungkapkan pembentukan relawan baru dilakukan tahun 2024 dimulai dari wilayah-wilayah yang sulit dijangkau oleh pihaknya.
 
"Untuk relawannya diutus dari desa dan kelurahan setempat, kemudian ditambah dengan Satpol PP dan personel Dinas Perhubungan di wilayah setempat," ucapnya.
 
Suparta berharap dengan terbentuknya relawan kebakaran akan berpengaruh positif pada berkurangnya peristiwa kebakaran di Natuna.
 
"Kami akan bentuk di seluruh kecamatan yang ada di Natuna," kata Suparta.
 
Ia menyebut pada setiap desa dan kelurahan dibutuhkan satu regu relawan agar memudahkan pekerjaan dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan kebakaran.
 
"Satu regu itu sekitar empat orang dan sebenarnya lebih banyak juga malah bagus," tutur Suparta.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE