Spanyol amankan tiket babak 16 besar

id Timnas Spanyol,Timnas Italia,Piala Eropa 2024,Euro 2024

Spanyol amankan tiket babak 16 besar

Gelandang timnas Spanyol, Rodri merayakan kemenangan La Roja atas Italia pada pertandingan kedua grup B Piala Eropa 2024 yang berlangsung di Arena AufSchalke, Gelsenkirchen, Jerman, Jumat dini hari WIB (21/06/2024). (ANTARA/AFP/PATRICIA DE MELO MOREIRA).

Jakarta (ANTARA) - Timnas Spanyol mengamankan tiket babak 16 besar Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 setelah menaklukkan Italia dengan skor 1-0 dalam pertandingan kedua grup B yang berlangsung di Arena AufSchalke, Jerman, Jumat dini hari WIB.

Dengan tambahan tiga poin dari Italia, membuat Spanyol kini menempati posisi puncak klasemen sementara dengan mengemas enam poin dari dua pertandingan dan dipastikan melangkah ke babak 16 besar.

Jalannya pertandingan

Memulai pertandingan, Spanyol langsung mengendalikan permainan. Di menit ke-2, pergerakan Nico Williams di sisi kiri mampu melepaskan umpan silang yang langsung disambut sundulan Pedri. Namun sundulan tersebut masih mampu dipatahkan oleh Gianluiggi Donnaruma yang sigap menghalau bola.

Spanyol terus mengurung pertahanan sang juara bertahan, Italia. 

Italia kesulitan keluar dari cengkeraman La Furia Roja meski memainkan umpan-umpan jarak jauh yang diarahkan ke dua sisi penyerangan. Selain itu pergerakan umpan satu dua yang diterapkan oleh Spanyol membuat Italia mau tidak mau menumpuk pemain di lini pertahanan untuk menahan gempuran.

Hingga peluit babak pertama ditiup, skor imbang tanpa gol bertahan.

Memulai babak kedua, Spanyol terus menggempur pertahanan Italia melalui pergerakan umpan satu dua di lini tengah yang dibangun melalui pergerakan Rodri, Fabian Ruiz dan Pedri.

Di menit ke-54, pergerakan individu di sisi kiri Nico Williams melepaskan umpan silang yang mengarah ke gawang. Bola sempat berbelok usai tersundul oleh Morata hingga membuat Riccardo Calafiori salah mengantisipasi bola dan masuk ke gawang sendiri. La Roja membuat kedudukan berubah dengan unggul 1-0.

Italia yang terus bermain keluar menyerang untuk menyamakan kedudukan justru harus menghadapi petaka di menit akhir pertandingan. Melalui skema serangan balik, Ayoze Perez melakukan pergerakan di dalam kotak penalti, namun tendangannya masih bisa diantisipasi Donnarumma.

Spanyol yang tampil mendominasi pertandingan dengan menguasai 57 persen penguasaan bola dan melepaskan total 20 tembakan mengunci tiga poin penuh pada pertandingan kali ini dengan skor 1-0 yang bertahan hingga peluit pertandingan berakhir.

Kekalahan atas Spanyol, tidak membuat Italia beranjak dari posisi kedua grup B dengan mengoleksi tiga poin. Sementara itu Spanyol yang sudah dipastikan lolos ke babak 16 besar.





Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Spanyol susul Jerman amankan tiket babak 16 besar

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE