Pemkab Bintan raih penghargaan UHC BPJS Kesehatan

id Penghargaan UHC bpjs kesehatan,kepri,bintan,Universal Coverage Health,uhc,mobile JKN,Pemkab Bintan

Pemkab Bintan raih penghargaan UHC BPJS Kesehatan

Bupati Bintan Roby Kurniawan bersama Deputi Direksi Wilayah II BPJS Kesehatan Eddy Sulistijanto Hadie dan jajaran meluncurkan pencapaian UHC BPJS Kesehatan di Aula Kantor Bupati Bintan, Kepri, Selasa (25/6/2024). ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau meraih penghargaan cakupan jaminan kesehatan secara universal atau "Universal Coverage Health" (UHC) dari BPJS Kesehatan.

Penghargaan diberikan secara simbolis oleh Deputi Direksi Wilayah II BPJS Kesehatan Eddy Sulistijanto Hadie kepada Bupati Bintan Robby Kurniawan di Aula Kantor Bupati Bintan, Selasa.

"Selamat kepada Pemkab Bintan dan jajaran atas pencapaian UHC tahun 2024, semoga ini berdampak pada peningkatan pelayanan kesehatan kepada masyarakat," kata Eddy usai acara.

Eddy menyebut suatu daerah akan mendapat predikat UHC, apabila persentase penduduk yang terdaftar kepesertaaan BPJS Kesehatan di atas 94 persen, sementara jumlah warga Kabupaten Bintan yang sudah menjadi peserta BPJS Kesehatan mencapai 96,66 persen atau sebanyak 167.379 orang.

Capaian UHC ini memberikan keuntungan bagi masyarakat setempat, karena ketika warga mendaftar BPJS Kesehatan otomatis kartu pesertanya langsung aktif tanpa menunggu waktu selama 14 hari.

"Jadi, kalau ada warga daftar BPJS Kesehatan karena sedang sakit, maka saat itu juga langsung bisa dilayani olah fasilitas kesehatan," ujarnya.

Ia berharap dengan pencapaian UHC ini masyarakat di Kabupaten Bintan dapat hidup lebih tenang dan aman, sebab sudah ada yang menjamin kesehatan mereka, yakni BPJS Kesehatan.

Dia turut mendorong fasilitas kesehatan terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya yang terdaftar di BPJS Kesehatan.

"Sekarang, berobat dengan BPJS Kesehatan pun semakin mudah, bisa via online menggunakan aplikasi mobile JKN. Bahkan berobat cukup dengan KTP, tak perlu membawa kartu BPJS lagi," katanya pula.

Sementara, Bupati Bintan Roby Kurniawan mengatakan pencapaian UH BPJS Kesehatan merupakan wujud komitmen pihaknya dalam rangka menjamin terkait pelayanan kesehatan kepada warga setempat.

Menurutnya sebanyak 169.379 warga Bintan telah mebjadi peserta jamjnan kesehayan nasional (JKN) untuk seluruh segmen atau mencapai 96,66 persen.

"Dengan predikat UHC ini, tentu kita harus terus melengkapi maupun memperkuat sarana prasarana atau alat pelayanan kesehatan yang ada di pusekesmas dan rumah sakit," ujar Roby.

Roby juga berharap pencapaian UHC makin menambah semangat tenaga kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

Predikat UHC jadi prestasi baru bagi jajaran Pemkab Bintan dalam upaya meyakinkan masyatakat bahwa pemerintah daerah serius menjamin terkait pelayanan kesehatan.

Baca juga: Pemkab Natuna-Kepri beri bantuan ke korban cuaca ekstrem

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE