Harga sawit Riau naik jadi Rp85,69 per Kg

id Disbun Riau

Harga sawit Riau naik jadi Rp85,69 per Kg

Sektor kelapa sawit telah menjadi "tulang punggung" penerimaan pajak di Riau. Antara/Frislidia.

Pekanbaru (ANTARA) - Harga tandan buah segar sawit (TBS) Riau periode 10 hingga 16 Juli 2024 umur 9 tahun tercatat Rp3.026,46 per kg atau naik Rp85,69 per kg dibanding harga sebelumnya sebesar Rp2.940,77 per kg.

"Kenaikan harga TBS sawit Riau itu lebih disebabkan harga CPO dan kernel," kata Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran, Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau Defris Hatmaja, di Pekanbaru, Selasa.

Menurut Defris, dalam penetapan harga TBS Provinsi Riau Dinas Perkebunan Provinsi Riau dan Tim Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Pekebun selalu melakukan perbaikan tata Kelola agar penetapan harga ini sesuai dengan regulasi dan berkeadilan untuk kedua belah pihak yang bermitra.

Ia menyebutkan bahwa tata kelola penetapan harga ini makin baik merupakan upaya yang serius dari seluruh stakeholder yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Riau dan Kejaksaan Tinggi Riau.

"Komitmen bersama ini pada akhirnya tentu akan berimbas pada peningkatan pendapatan petani yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat," katanya.

Ia menjelaskan berdasarkan hasil penetapan harga TBS kelapa sawit penetapan minggu ke 24 tahun 2024 atau periode 10-16 Juli 2024 telah menggunakan tabel rendemen harga baru hasil kajian dari PPKS Medan yang disepakati oleh tim.

 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE