Basarnas Natuna evakuasi medis ABK kapal asing

id Natuna,Basarnas ,Evakuasi,Kapal asing,Mv Trf Kashima,Kepulauan Marshall,Pulau laut,Perairan ,Evakuasi medis,Medivac

Basarnas Natuna evakuasi medis ABK kapal asing

Persiapan keberangkatan (ANTARA/HO-Basarnas Natuna)

Natuna (ANTARA) - Basarnas Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau melakukan evakuasi medis terhadap tiga orang Anak Buah Kapal (ABK) Mv Trf Kashima berbendera Kepulauan Marshall di Perairan Pulau Laut.

Kepala Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Abdul Rahman, di Natuna, Minggu malam mengatakan evakuasi dilakukan usai mendapat informasi dari Basarnas Command Center (BCC) bahwa tiga ABK tersebut membutuhkan pertolongan medis akibat mengalami sesak napas.  

Ia mengatakan, tim bergerak dari Pelabuhan Ranai Kecamatan Bunguran Timur dan waktu yang diperlukan untuk menuju ke lokasi kurang lebih empat jam.

"Penjemputan menggunakan Kapal Negara SAR 245 Sasikirana pada koordinat 04-50.922N 108-8.056 E," katanya.

Ia menyebut, sebelum berangkat operasi pihaknya melakukan koordinasi ke para pemangku kepentingan guna memudahkan pekerjaan.

"Kita melakukan koordinasi dulu ke RSUD Kabupaten Natuna, Lanal Ranai, Polairud Natuna, Bakamla Natuna, Imigrasi dan Karantina Pelabuhan," ujar dia.

Kepala Sub Seksi Operasi Kantor Basarnas Kabupaten Natuna Budiman mengatakan kapal tersebut merupakan kapal minyak, dengan identitas IMO 9733349, MMSI 538006611 yang memiliki rute pelayaran dari Vietnam menuju Singapura.

Para korban direncanakan akan dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Natuna.

Ia menyebut, tim bergerak ke lokasi penjemputan yakni di perairan Pulau Laut sekitar pukul 21.40 WIB.

"Kita juga membawa tim medis ke lokasi penjemputan," ucap dia.

Proses penjemputan korban juga diikuti oleh beberapa pemangku kepentingan terkait. Ia berharap proses penjemputan berjalan dengan lancar.

"Kondisi cuaca saat ini berawan, 6-20 Kts dan untuk ketinggian gelombang 1,25-2,5 meter," ujar dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE