9 dari 11 koridor Trans Batam telah beroperasi

id Kepri,batam ,dishub ,bus Trans Batam ,akses ,transportasi umum,bus,trans batam,kendaraan umum,dinas perhubungan batam

9 dari 11 koridor Trans Batam telah beroperasi

Bus Trans Batam saat berada di salah satu koridor penjemputan di kawasan perbelanjaan di Batam (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Dinas Perhubungan Kota Batam, Kepulauan Riau, menyebutkan sembilan dari 11 koridor bus Trans Batam telah beroperasi guna menjangkau warga setempat untuk menggunakan transportasi umum.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam Salim di Batam, Rabu, mengatakan saat ini terdapat 9 koridor bus Trans Batam yang telah melayani masyarakat.

"Target kita 11 koridor, sekarang baru 9 koridor. Dengan adanya nanti armada yang baru, sudah cukup, kita akan aktifkan koridor yang belum terlaksana saat ini. Koridor ke-10 rute Tembesi-Barelang, koridor ke-11 rute Nongsa-Jodoh," kata Salim.

Ia menyampaikan, pihaknya memfokuskan untuk menghadirkan koridor atau rute Tembesi-Barelang, mengingat kebutuhan masyarakat di wilayah tersebut terhadap transportasi umum juga sangat tinggi.

Salim menambahkan saat ini terdapat 82 unit bus Trans Batam, terdiri dari 62 unit bus yang dimiliki Pemkot Batam dan 20 unit bis yang dimiliki operator.

Baca juga: Layanan shuttle bus di pelabuhan Batam beri kemudahan bagi wisman

"Kami terus berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat pengguna bus Trans Batam. Dishub juga memperkuat armada dengan bus yang baru, dengan fasilitas bus di dalamnya yang semakin baik," kata dia.

Sebelumnya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Batam, Kepulauan Riau, menerapkan sistem pembayaran bus Trans Batam dengan Kartu Uang Elektronik (KUE) atau e-money dalam mendukung mendorong penerapan sistem pembayaran non tunai.

Kepala Dishub Batam Salim di Batam, Jumat, mengatakan untuk mendukung hal tersebut, pihaknya melalui BLUD UPT Pelayanan Jasa Transportasi Dishub Kota Batam menjalin kerja sama dengan sejumlah bank yaitu Bank Mandiri, BRI dan BNI, BCA.

"Hadirnya layanan non tunai ini meningkatkan pelayanan bus Trans Batam. Di era digital ini hampir semua transaksi menggunakan non tunai. Bus Trans Batam sebagai salah satu fasilitas publik berupaya memberikan pelayanan yang baik," ujar Salim.

Ia menjelaskan dengan adanya perjanjian kerja sama ini maka pelayanan pembayaran bus Trans Batam diharapkan semakin meningkat dan memudahkan masyarakat.

Baca juga: Dishub terapkan pembayaran bus Trans Batam dengan e-money

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Dishub: Sembilan dari 11 koridor Trans Batam telah beroperasi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE