50.500 kendaraan di Kepri sudah daftar Subsidi Tepat

id Kepri,batam ,pertamina ,BBM ,pertalite ,kendaraan

50.500 kendaraan di Kepri sudah daftar Subsidi Tepat

Ilustrasi - PT Pertamina mulai sosialisasi penggunaan kode QR untuk Pertalite di Kepri. ANTARA/Jessica

Batam, Kepri (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Sumatera Utara (Sumbagut) mencatat sebanyak 50.500 kendaraan di Kepri sudah mendaftar program Subsidi Tepat Pertalite yang merupakan upaya penyaluran BBM bersubsidi agar tepat sasaran.

Officer Commrel Pertamina Patra Niaga Regional Sumbagut Nur Imam Mohamad di Batam, Kepri, Kamis, mengatakan berdasarkan data per harinya, terdapat 3-4 ribu pengendara di Kepri mendaftar Subsidi Tepat Pertalite.

Ia menjelaskan program subsidi tepat yang diatur dalam Kepmen ESDM No.37.K/HK.02/MEM.M/2022 bertujuan memperluas sistem pendataan pembelian Pertalite, dengan menggunakan kode QR bagi kendaraan roda empat.

"Untuk program ini, pemilik kendaraan sangat dipermudah untuk pendaftaran. Cukup dari rumah saja, namun harus dilengkapi dengan beberapa syarat," kata Imam.

Ia mengatakan pendaftaran dapat dilakukan secara online melalui situs resmi MyPertamina, yang mana pendaftar akan diarahkan sesuai dengan instruksi, serta terdapat contoh pendaftaran.

Lebih lanjut, kata Imam, untuk mempercepat proses pendaftaran, Pertamina menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) yang memerlukan data secara jelas dan lengkap, seperti foto KTP, STNK, dan kendaraan.

"Diperlukan kualitas foto yang jernih serta pengambilan gambar agar terlihat jelas, sehingga pendaftaran diterima dan konsumen bisa mendapatkan QR Code tersebut," kata dia.

Imam menyebutkan selain agar BBM subsidi tepat sasaran, program Subsidi Tepat Pertalite fokus dalam pendataan serta mengklasifikasikan pengguna BBM subsidi tersebut.

"Tujuannya, QR code ini untuk pendataan masyarakat yang memang konsumsi BBM subsidi. Yang menentukan boleh atau tidak mengisi Pertalite adalah pemerintah, karena Pertalite ini penugasan pemerintah," kata dia.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE