KPU: Hasil pemeriksaan kesehatan dua bakal paslon Pilkada Batam sehat

id Kepri,batam ,KPU ,pilkada ,wali kota ,kesehatan

KPU: Hasil pemeriksaan kesehatan dua bakal paslon Pilkada Batam sehat

Pasangan calon Nuryanto - Hardi Selamat Hood (NADI) saat konferensi pers terkait pemeriksaaan kesehatan di RSBP Batam (31/08/2024). (ANTARA/Jessica)

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau menerima hasil pemeriksaan kesehatan dua bakal pasangan calon (bapaslon) dalam Pilkada 2024 yang dinyatakan sehat.

Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Kota Batam Adri Wislawawan di Batam, Jumat mengatakan kedua bapaslon tersebut adalah Amsakar Achmad - Li Claudia Chandra dan Nuryanto - Hardi Selamat Hood.

"Ya, hasilnya dinyatakan mampu dan sehat oleh tim dokter pemeriksa RSBP Batam," ujar Adri.

Ia menjelaskan usai berkas hasil tes kesehatan diterima, kedua bapaslon akan berproses ke tahap selanjutnya yaitu kesimpulan syarat administrasi yang diinformasikan langsung melalui sistem aplikasi pencalonan atau Silon.

"Itu nanti akan disampaikan ke LO mereka," ujar dia.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam, Kepulauan Riau menyampaikan dua bakal pasangan calon kepala daerah dalam Pilkada Batam 2024 mengikuti tahapan pemeriksaan kesehatan di Rumah Sakit Pengusahaan (RSBP) Batam.

Komisioner KPU Kota Batam Bosar Hasibuan di Batam, Ahad mengatakan Nuryanto dan Hardi Selamat Hood mulai menjalani pemeriksaan kesehatan di hari Sabtu (31/8) dan dilanjutkan hari ini.

Sedangkan Amsakar Achmad dan Li Claudia Chandra (ASLI) mulai menjalani pemeriksaan kesehatan pada Ahad (1/9).

"Hari ini adalah hari pertama pemeriksaan bagi pasangan ASLI, sesuai dengan surat pemberitahuan kita kepada RSBP Batam dan besok dilanjutkan hari kedua," katanya.

RSBP Batam melayani pemeriksaan kesehatan peserta pilkada untuk empat daerah.

“Kami bekerja sama dengan Komisi Pemilihan Umum di empat daerah, yaitu Batam, Karimun, Lingga, dan Natuna,” kata Direktur RSBP Batam Sri Rezeki Handayani saat dihubungi di Batam, Jumat.

Sri menyatakan bahwa RSBP Batam telah menyiapkan tim pemeriksa kesehatan yang terdiri atas 17 dokter spesialis, termasuk dokter gigi spesialis, psikolog klinis, serta tim penunjang lainnya.

"Kami telah melakukan konsolidasi dengan Badan Narkotika Nasional (BNN), Himpunan Psikologi Indonesia (HIMSI), dan Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa Indonesia (PDSKJI) untuk memastikan pemeriksaan berjalan lancar dan komprehensif," ujar Sri.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE