Disnaker Batam terus tingkatkan program pelatihan pencari kerja

id kepri,batam,disnaker,tenaga kerja,pelatihan,pemberdayaan masyarakat,dinas tenaga kerja

Disnaker Batam terus tingkatkan program pelatihan pencari kerja

Kantor Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam. (ANTARA/Amandine Nadja)

Batam (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Batam, Kepulauan Riau (Kepri), terus meningkatkan program pelatihan dan bimbingan teknis (bimtek) bagi pencari kerja dan pekerja tetap.

“Disnaker memiliki kegiatan pelatihan bagi pencari kerja dan bimtek untuk pekerja tetap yang ingin mendapatkan sertifikasi setiap tahunnya,” ujar Kepala Bidang Pembinaan Penempatan Perluasan Kesempatan Kerja Disnaker Kota Batam Isra Wira Sanjaya saat dihubungi di Batam, Senin.

Salah satu dari upaya Disnaker adalah membuka bimbingan bagi para pencari kerja  yang datang ke kantor.

“Ada konseling oleh konselor kami di sini dan kami juga menyelenggarakan penyuluhan pengantar kerja,” ujarnya.

Berbagai upaya yang dilaksanakan oleh Disnaker telah membuahkan hasil dengan tercatatnya 18.490 pencari kerja sampai dengan bulan Agustus 2024.

Jumlah tersebut menurun dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana pada 2023 tercatat ada 52.203, dan pada Desember 2022 ada 81.231.

“Tiap tahun program kami semakin berkembang. Tahun ini kami sudah lakukan sosialisasi di 600 perusahaan dan untuk 600 pencari kerja,” tambahnya.

Ia menargetkan untuk melakukan sosialisasi kepada 2000 perusahaan dan pencari kerja tahun depan.

Disnaker Batam juga sedang dalam tahap pengembangan aplikasi khusus yang memfasilitasi pencari kerja, rekruter kerja, dan lowongan kerja (loker).

“Aplikasi ini akan menjadi platform yang memudahkan pencari kerja mendapatkan informasi dan kesempatan kerja secara lebih efektif,” katanya.

Ia menambahkan bahwa aplikasi tersebut sudah melakukan soft launching pada tahun lalu dan saat ini masih dalam tahap evaluasi serta pengembangan.

Baca juga: Disnakertrans Kepri pastikan ratusan TKA di PT BAI memiliki izin resmi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE