Pemkab Natuna komitmen majukan sektor pariwisata

id Pariwisata,Wisata Natuna,Objek wisata,UNESCO,Geosite,Dinas pariwisata, dispar, kepri, natuna,Dispar natuna,Pulau senoa

Pemkab Natuna komitmen majukan sektor pariwisata

Kepala Dinas Pariwisata Natuna Hardinansyah saat bersalaman dengan warga. (ANTARA/HO-Pemkab Natuna)

Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau berkomitmen untuk memajukan sektor pariwisata di wilayah setempat.
 
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Natuna Hardinansyah di Natuna, Rabu mengatakan, komitmen yang mereka lakukan yakni dengan membuat program peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) dan peningkatan fasilitas di beberapa objek wisata.
 
Peningkatan SDM yang dimaksud adalah dengan memberikan pelatihan kepada pengelola wisata, penggiat wisata dan masyarakat terkait cara mengelola wisata serta cara menjadi pemandu wisata yang baik dan benar.

Sedangkan fasilitas yang ditingkatkan berupa jalan, pendopo dan lainnya di geosite Gunung Ranai dan pembebasan lahan objek wisata di Pulau Senoa.
 
"Sepanjang 2024, Dinas Pariwisata Natuna akan mengadakan delapan kali pelatihan. Saat ini tengah berlangsung pelatihan pengelolaan desa wisata," ucap dia.
 
Tujuan pelatihan untuk memperluas wawasan dan pengetahuan tentang cara mengembangkan potensi wisata, agar pariwisata di Natuna dapat tumbuh secara berkelanjutan.

Sedangkan tujuan peningkatan fasilitas untuk mempermudah wisatawan mengakses objek wisata dan memudahkan pemerintah mengembangkan objek wisata.
 
Menurut dia, selain destinasi wisata, SDM yang berkompeten juga dibutuhkan agar objek wisata bisa dikelola dengan baik, dan wisatawan yang berkunjung mendapatkan pelayanan yang baik.
 
"Natuna yang mayoritas wilayahnya adalah laut dan memiliki sekitar 4.000 hektare hutan mangrove tentunya memiliki nilai ekonomis untuk dikembangkan menjadi destinasi wisata," ujar dia.
 
Ia berharap setiap masyarakat yang mengikuti pelatihan bisa memanfaatkan ilmu yang diberikan serta menambah wawasan dengan mencari ilmu di tempat lain atau melalui teknologi yang ada.
 
"Pelatihan yang diadakan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pengelola pariwisata, sehingga sektor ini dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi perekonomian lokal," ucap dia.

Baca juga: Asparnas Batam menggaet agen perjalanan guna tingkatkan kunjungan wisman

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE