Tetap waspada dengan kondisi cuaca Kepri saat hari libur

id Cuaca senin, libur maulid, maulid nabi muhammad, cuaca kepri, bmkg, prakiraan cuaca, kota batam, anambas, natuna, karimun, tanjungpinang, bintan

Tetap waspada dengan kondisi cuaca Kepri saat hari libur

Kapal masyarakat nelayan melintas di perairan Pulau Kasu, Kota Batam, Kepulauan Riau. (ANTARA/Laily Rahmawaty)

Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam mengimbau masyarakat yang beraktivitas di luar ruangan pada hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW, Senin, tetap waspada dengan perubahan-perubahan cuaca di wilayah Kepulauan Riau, diperkirakan potensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dini hari.
 
"Adanya belokan angin (shearline) di sekitar wilayah Kepulauan Riau mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan," kata Prakirawan Debora.
 
Secara umum, kata dia, kondisi cuaca hari Senin di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan serta berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada dini hari.
 
Masyarakat yang mengisi waktu libur diimbau waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di wilayah Kepulauan Riau pada dini hari.
 
Waspada potensi genangan/banjir di wilayah Kota Batam dan Kabupaten Lingga.
 
Juga waspada potensi angin kencang di wilayah Kabupaten Natuna dan Anambas.
 
"Waspada potensi ketinggian gelombang yang dapat mencapai 1,5 meter di wilayah Perairan Natuna," kata Debora.
 
Kondisi cuaca Kota Batam, Tanjungpinang dan Bintan hampir mirip, pagi berawan tebal, siangnya berawan, malam hari berawan tebal, dan dini hari berpotensi hujan disertai kilat.
 
Untuk suhu udara juga sama, berkisar antara 24-31 derajat celcius. Begitupun arah angin sama, hanya kecepatannya yang berbeda. Kota Batam angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 5-17 km/jam, Tanjungpinang dengan kecepatan 6-18 km/jam dan Bintan dengan kecepatan 5-18 km/jam.
 
Kemudian cuaca di Kabupaten Karimun paginya berawan tebal, siang hari berpotensi hujan ringan, malamnya berawan tebal, dini hari kembali hujan disertai kilat. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 5-15 km/jam.
 
Selanjutnya, Kabupaten Lingga pagi diperkirakan berawan tebal, siang berawan, malam hari kembali berawan tebal, dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 6-18 km/jam.
 
Lalu di Kabupaten Natuna pagi hari berawan tebal, siang hari hujan ringan, malam dan dini hari berawan tebal. Suhu udara yang mempengaruhi 24-31 derajat celcius, angin bertiup dari Barat Daya dengan kecepatan 16-25 km/jam.
 
Kabupaten Anambas paginya diperkirakan hujan ringan, siang hingga malam harinya berawan tebal, dini hari hujan disertai kilat. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius, arah angin Selatan dengan kecepatan 18-29 km/jam.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE