Pertamina putus hubungan usaha dua pangkalan LPG 3 kg di Batam

id Kepri,batam ,pertamina ,LPG 3 kg,subsidi ,PHU,pangkalan

Pertamina putus hubungan usaha dua pangkalan LPG 3 kg di Batam

Sales Area Manager (SAM) Kepri Pertamina Patra Niaga Bagus Handoko. ANTARA/Jessica

Batam, Kepri (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Kepulauan Riau (Kepri) melakukan pemutusan hubungan usaha (PHU) terhadap dua pangkalan LPG 3 kg bersubsidi di Kota Batam, Kepri.

Sales Area Manager (SAM) Kepri Pertamina Patra Niaga Bagus Handoko di Batam, Kepri, Sabtu, mengatakan dua pangkalan tersebut berada di Kecamatan Batam Kota dan Bengkong.

Ia menjelaskan hal tersebut dilakukan dikarenakan kedua pangkalan tersebut terbukti melakukan penyelewengan dan tidak menyalurkan langsung LPG 3 kg ke masyarakat.

"Ada pangkalan yang diberi sanksi dengan dilakukan pengurangan stok ke pangkalannya. Ada juga yang pangkalan nakal itu di-PHU, diputus usahanya. Itu langkah tegas kita," kata Bagus.

Terkait dengan pengawasan dan penyaluran LPG 3 kg kepada masyarakat, Pertamina bersama Disperindag Kota Batam melakukan komunikasi dan kolaborasi yang bertujuan agar LPG subsidi tersebut tepat sasaran.

Beberapa hal yang menjadi kewenangan Pertamina dalam proses penyaluran LPG 3 kg yaitu memastikan pasokan dan distribusi LPG subsidi tepat waktu dan tepat sasaran.

"Pertamina akan bertindak sesuai dengan kewenangan Pertamina, yaitu dengan penindakan ke agen, kalau ke pelaku usaha bukan bagian kami. Artinya, kami akan terus kembangkan sistem subsidi tepat LPG supaya pangkalan tidak menyalurkan kepada konsumen yang tidak berhak, sesuai dengan list yang sudah ada dalam data," ujar dia.

Lebih lanjut, Bagus menyampaikan pihaknya juga berupaya melalui program penjualan LPG nonsubsidi kepada konsumen yang masuk memang masuk dalam kategori penggunaan nonsubsidi tersebut.

"Kami dari sisi non-PSO, kami juga memiliki programnya untuk mendorong masyarakat, pelaku usaha menengah ke atas yang masih menggunakan LPG 3 kg bisa beralih ke Bright Gas. Saat ini, yang akan kita kerjakan adalah program untuk konsumen laundry dengan nama programnya 'Brightness, Bright Gas for Your Business'," katanya.

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pertamina lakukan PHU dua pangkalan LPG 3 kg di Batam

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE