Letkol Hery Winarno Jabat Danlanal Karimun

id Letkol, Hery, Winarno, Jabat, ,Danlanal Karimun,sawa

Karimun (Antara Kepri) - Letkol Laut (P) Hery Winarno menjadi Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Tanjung Balai Karimun menggantikan Letkol Laut (P) Sawa yang dipindahtugaskan ke Mabes TNI AL.

Upacara serah terima jabatan, Rabu, dipimpin Komandan Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) IV Tanjungpinang Laksamana Pertama TNI Agus Heryana di Markas Komando Lanal Tanjung Balai Karimun dihadiri Bupati Karimun Nurdin Basirun, para pejabat Pemerintah Kabupaten Karimun, anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, tokoh masyarakat, tokoh agama dan para prajurit di lingkungan Lanal.

Danlantamal mengatakan, mutasi merupakan sesuatu yang biasa sebagai sarana penyegaran dan perjalanan karir di lingkungan TNI AL.

Dia mengharapkan pejabat Danlanal yang baru dapat melanjutkan program kerja pejabat lama serta menjalin hubungan yang sinergis dengan pemerintah daerah dan seluruh instansi maupun segenap komponen masyarakat setempat.

Pangkalan TNI AL adalah pelaksana dukungan bagi satuan operasional yang mengemban tugas, peran dan fungsi yang sangat penting dan strategis, yaitu menyelenggarakan dukungan logistik serta administrasi bagi unsur-unsur TNI AL, baik KRI, pesawat udara dan personel TNI AL.

"Selain itu melaksanakan patroli di perairan yang menjadi tanggung jawab serta melaksankan tugas-tugas lain berdasarkan kebijakan pemimpin," tuturnya.

Wilayah kerja yang menjadi tanggung jawab Lanal Tanjung Balai Karimun, menurut dia memiliki tingkat kerawanan yang cukup tinggi karena berada pada jalur pelayaran internasional, yaitu Selat Malaka dan Selat Singapura yang merupakan jalur perniagaan yang sangat vital. Berbagai jenis kapal dari berbagai negara melintas di dua selat itu.

Lebih lanjut dia mengatakan berbagai permasalahan di laut, seperti tindak kekerasan, perompakan maupun pembajakan kapal, penyelundupan berbagai komoditas termasuk narkoba, pembuangan limbah di laut, imigran ilegal, kecelakaan di laut dan permasalahan lainnya tentu menjadi prioritas yang perlu ditangani dengan sungguh-sungguh.

"Untuk itu, pejabat Danlanal Tanjung Balai Karimun yang baru dituntut mengemban tugas untuk memberikan dukungan bagi unsur operasi, juga dituntut bersinergi dengan 'stakeholder' lain yang memiliki kewenangan di laut untuk bersama-sama menangani berbagai permasalahan serta berupaya memberikan rasa aman bagi para pengguna laut," katanya.

Ia menambahkan, keberhasilan dalam melaksanakan tugas pokoknya menjadi ukuran seberapa besar akuntabilitas kinerja Lanal Tanjung Balai Karimun sebagai salah satu pengemban dan pelaksana tugas pertahanan negara di laut.

"Apa yang menjadi 'output' dan 'outcome' sebagai hasil kerja komandan yang baru saja diserahterimakan, juga menjadi tolak ukur keberhasilan pelaksanaan tugas pokok TNI AL dalam hal ini Lantamal IV selaku komando pelaksana dukungan Koarmabar," ucapnya.

Letkol Laut (P) Sawa mengharapkan pejabat Danlanal yang baru dapat melanjutkan program kerja serta meningkatkan jalinan hubungan yang sinergis dengan instansi terkait.

"Kami juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang mendukung tugas-tugas selama menjabat Danlanal Tanjung Balai Karimun," kata Sawa.

Sementara itu, Letkol Laut (P) Hery Winarno yang sebelumnya menjabat Komandan Detasemen Markas Koarmabar mengatakan, penunjukan dirinya sebagai Danlanal Tanjung Balai Karimun merupakan sebuah amanah dalam menjalankan tugas dan pengabdian kepada bangsa dan negara.

"Kerja sama dengan instansi terkait tentu menjadi prioritas dalam mendukung tugas-tugas yang akan kami emban," katanya. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE