VITO Buka Potensi MICE Singapura ke Batam

id VITO,Potensi,MICE,Singapura,wisata,visit,indonesia,Batam

Batam (Antara Kepri) - Visit Indonesian Tourism Officer (VITO) Singapura membuka potensi paket pariwisata Meeting, Incentives, Conference dan Exhibition (MICE) perusahaan-perusahaan Singapura di Kota Batam Kepulauan Riau.

"Kalau di sini MICE sudah susah, di Singapura peluangnya besar," kata Country Manager VITO Singapura, Sulaiman Shehdek di Batam, Rabu.

Ia mengatakan peluang untuk menggarap pasar MICE Singapura ke Batam sangat besar, karena di Negara Jiran terdapat banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan lokasi MICE.

MICE perusahaan Singapura di Batam sangat terbuka lebar, mengingat lokasinya yang berdekatan dan harga sewa hotel yang relatif lebih murah dibanding penyelenggaraan MICE di negara yang terletak di ujung Semenanjung Malaya itu.

Singapura-Batam bisa ditempuh dalam waktu sekitar 45 menit menggunakan kapal cepat. Waktu pelayarannya pun relatif sering, yaitu setiap satu jam sekali.

"Perusahaan Singapura banyak yang mau MICE di Batam," kata dia.

Selain MICE, ia menjabarkan lima segmen pasar Wisman asal Singapura lainnya yaitu petualangan, perjalanan komunitas, kelompok pelajar dan pariwisata santai.

Wisman Singapura suka wisata petualangan seperti rafting dan kayak.

Selain itu pasar pariwisata wisman Singapura juga banyak untuk perjalanan komunitas dan kelompok pelajar.

"Untuk kelompok pelajar ini saya lihat sudah banyak di Batam. Sekali datang 200 anak sekolah yang melakukan perjalanan di Batam," kata dia.

Warga Singapura juga menggemari wisata santai seperti berbelanja di Batam. Setiap pekan ratusan warga negara jiran datang khusus untuk berbelanja kebutuhannya di kota industri.

Sementara itu, mengenai MICE, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Yusfa Hendri mengatakan industri pariwisata tidak akan mati dengan larangan PNS menyelenggarakan rapat di hotel.

"Target pasarnya tinggal diubah. Jika sebelumnya banyak ke pemerintahan, sekarang kami dorong mereka membidik swasta," kata Yusfa. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE